Berita HST

HST Nominator Kabupaten Layak Anak, Ini Fasilitas yang Dimiliki

Kabupaten Hulu Sungai Tengah dipastikan masuk nominasi, sebagai salah satu kabupaten layak anak (KLA) di wilayah Kalimantan Selatan.

HST Nominator Kabupaten Layak Anak, Ini Fasilitas yang Dimiliki
ist
Rakor penentuan daerah layak anak di HST 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Kabupaten Hulu Sungai Tengah dipastikan masuk nominasi, sebagai salah satu kabupaten layak anak (KLA) di wilayah Kalimantan Selatan. Kabupaten layak anak tersebut, dinilai atas dasar sistem pembangunan berbasis hak anak,  melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah. Juga masyarakat dan dunia usaha, terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan.

“Program dan kegiatan tersebut untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak,”kata Kepala Bidang Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial, Pengendali Penduduk, Keluarga Berencana, dan Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA), Rabu (3/102018).

DIjelaskan, untuk menuju KRA tersebut, pihaknya menargetkan 2019 mendatang sudah terealisasi. Dijelaskan, secara implementasi banyak yang sudah bisa dipenuhi oleh Pemkab HST. Contohnya, sekolah ramah anak, dimana di sekolah tersebut menerapkan hak-hak anak. Ada pagar sekolah, ruang UKS, serta fasilitas bermain.

Demikian pula untuk bidang kesehatannya. Di Puskesmas memiliki ruang tunggu maupun ruang perawatan yang suasananya nyaman bagi anak. Contohnya pemilihan cat, dan tersedianya ruang bermain. Untuk program pembangunan bidang kesehatan, jelas Rahmatullah, termasuk pula data angka kematian ibu dan bayi.

Baca: Live Streaming Liga Champions! Live Streaming PSG vs Crvena Zvezda via Live Streaming RCTI

Baca: Jadwal Piala Asia U-19 2018 - Kans Timnas U-19 Indonesia Balas Kekalahan Timnas U-16 dari Australia

Disebutkan, untuk di Kalsel, ada beberapa kabupaten/kota yang sudah mendapat predikat layak anak oleh kementerian terkait. Yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Tanahlaut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara. Predikat layaknya, jelas Rahmat ada tiga tingkatan, yaitu pratama, madya dan utama. Untuk HST sendiri, nilai yang dikumpulkan untuk status layak lanak tersebut baru 413, dari 500 yag harus dicapai. Teknis penilaiannya sendiri, jelas dia dilakukan sendiri sesuai fakta.

“Jika sudah mencapai 500, tim pusat baru turun ke daerah untuk melakukan pengecekan. Kalaupun misanya memberi nilai sendiri tinggi, tapi jika tak sesuai fakta, tim tidak akan memberikan status layak,”katanya. HST sendiri, jelas dia sedang melakukan koordinasi dengan SOPD terkait, karena untuk menjadikan layak anak tersebut harus dilakukan lintas instansi. “Kami masih mengumpulkan data-data pendukung yang diperlukan ke sejumlah SOPD,”tambahnya.

Sebelumnya, pada rapat koordinasi monitoring dan evaluasi dan audensi yang dihadiri Kabid Penenuhan Hak Anak, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel, Andriani Anwari, disebutkan, HST memiliki potensi menjadi kabupaten layak anak, namun masih ada syarat yang harus dipenui.

ANtara lain, ruang public ramah anak, seperti rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas public lainnya yang mengakomodasi kepentingan anak-anak. “Selain itu ada syarat legal formal dan komitmen pimpinan daerah yang dibuktikan secara tertulis,”kata ANdriani. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help