Bumi Antaluddin

Bupati dan Wakil Bupati HSS Hadiri Panen Ikan Patin di Desa Amparaya

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menghadiri kegiatan panen ikan patin

Bupati dan Wakil Bupati HSS Hadiri Panen Ikan Patin di Desa Amparaya
istimewa/ humas dan protokoler Pemkab HSS
Bupati dan Wakil Bupati HSS angkat ikan 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menghadiri kegiatan panen ikan patin di Desa Amparaya, Kecamatan Simpur, HSS.

Kegiatan yang berlangsung Kamis, (4/10) dilaksanakan oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Kalian Bersinar, Desa Amparaya yang menggelar syukuran, temu lapang dan panen ikan patin.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengharapkan pengelolaan ikan dengan cara jala apung tersebut bisa meningkatkan pendapatan para anggotanya.

H Achmad Fikry juga mendukung Pokdakan Kalian Bersinar yang ingin membudidayakan ikan Gabus atau Haruan.

Panen Ikan Patin
Panen Ikan Patin (istimewa/ humas dan protokoler Pemkab HSS)

"Kalau bisa membudidayakan Haruan, nantinya bisa jadi penunjang kebutuhan ikan haruan di Kandangan," ujar Bupati. Seperti yang diketahui, ikan Haruan merupakan lauk utama untuk kuliner Ketupat Kandangan di Kabupaten HSS.

Bupati juga menegaskan, pemerintah daerah akan membantu Pokdakan sesuai kemampuan keuangan daerah. Budidayakan ikan yang bagus dan mudah dalam pemasarannya. Jadi hasilnya memuaskan.

Pihaknya akan akan terus berupaya membantu, melalui Dinas Perikanan, Pemerintah Kabupaten HSS akan terus berupaya membantu masyarakat yang ingin melakukan peternakan ikan seperti yang dilakukan oleh Pokdakan Kalian Bersinar.

Kepala Dinas Perikanan H Saidi Noor mengayakan ikan patin yang dihasilkan dari panen ini merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten HSS yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2018.

"Bibitnya sebanyak 10 ribu ekor. Bantuan lainnya termasuk jala dan pakan ikan," katanya.

Panen Ikan Patin di Desa Amparaya
Panen Ikan Patin di Desa Amparaya (istimewa/ humas dan protokoler Pemkab HSS)

Lebih lanjut, Saidi mengatakan pembudidayaan ikan Patin ini merupakan pemanfaatan sungai di Desa Amparaya, yang berfungsi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya, Pokdakan Kalian Bersinar.

Bibit ikan disebar sekitar bulan April yang lalu dan untuk panennya, dipercepat dari waktu panen ikan Patin pada umumnya, karena berkurangnya debit air sungai di musim kemarau. Sungai yang ada akan segera dikeruk untuk hasil yang lebih baik.

Pihaknya mengharapkan untuk ke depannya, anggota Pokdakan Kalian Bersinar bisa menjual hasil panen dengan harga yang memuaskan.

"Hasil penjualan ikan nantinya bisa dibelikan bibit lagi, jadi pembudidayaan ikan akan dilanjutkan. Dari pihak kami nantinya akan terus melakukan pembinaan ke Pokdakan Kalian Bersinar," paparnya. (*/AOL)

Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved