Opini Publik

Fasilitasi Peluang Kerja Disabilitas

Jangan dilihat dari fisik aja dan pendidikan tinggi, tetapi lihatlah dari pontensi dan keahlian mereka

Fasilitasi Peluang Kerja Disabilitas
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Anak-anak penyandang disabilitas saat mengikuti lomba menggambar di halaman pemko Banjarmasin, Minggu (4/12/2016). 

BANJARMASIN - Untuk pemerintahan Provinsi Kalsel 13 kabupaten/kota. Saya mewakili masyarakat disabilitas banua. Agar sekiranya membuka lowongan pekerjaan disabilitas, bisa diberikan kesempatan di pemerintah atau perusahan.

Jangan dilihat dari fisik aja dan pendidikan tinggi, tetapi lihatlah dari pontensi dan keahlian mereka dalam berkerja. Dan berikanlah kesempatan untuk masyarakat disabilitas, agar tidak ada yang pengangguran lagi para disabilitas tersebut.

Banyak dari segi fisik mereka dianggap sebelah mata dalam dunia kerja, makanya daripada itu pemerintah Kalsel bisa memberikan peluang kerja 2 persen untuk perusahaan dalam UU pemenuhan hak dan perlindungan penyandang disabilitas no.8 tahun 2016.

Dan saya ingin sekali bisa berdialog dengan Gubernur Kalsel, media mana yang bisa memfasilitasinya, untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi di kehidupan masyarakat disabilitas di Kalsel ini. Salam persahabatan. Terima kasih. 081351979299

TANGGAPAN:
MENANGGAPI surat pembaca di Banjarmasin Post tentang pemerintah atau perusahaan swasta membuka lowongan kerja untuk disabilitas dengan ini kami beritahukan bahwa, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel telah melakukan sosialisasi kepada BUMN dan perusahaan agar membuka lowongan untuk penyandang disabilibitas.

Sesuai dengan Undang-undang No. 8 tahun 2016 Penyandang Disabilitas pasal 53 ayat (1) Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja. Perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja. Selain itu, pada acara job fair yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Prov. Kalsel, perusahaan-perusahaan yang terlibat pada acara tersebut diwajibkan untuk merekrut karyawan penyandang disabilitas dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuan.

Pada saat ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalsel telah mempekerjakan karyawan penyandang disabilitas dan beberapa perusahaan juga telah memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk menjadi karyawan mereka.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalsel selalu berusaha untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan stakeholder lainnya seperti Dinas Sosial, BUMN, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh agar kesempatan kerja bagi para penyandang disabilitas terbuka luas.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalsel Jl A Yani KM.6 No.23 Banjarmasin. Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

IR H SUGIAN NOORBAH MP
Kepala Disnakertrans Prov. Kalsel

Kapan Jatuh Tempo Bayar PBB
BANJARMASIN - Assalamualaikum Wr, Wb. Kepada pihak terkait yang berkenaan dengan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Mohon penjelasan, pembayaran PBB itu tenggang waktunya sampai kapan dan bila terlambat bagaimana perhitungan dendanya. Apakah masih bisa bayar PBB di Kantor Pos. Demikian dan terima kasih atas perhatiannya.
082149540253

TANGGAPAN:
PEMBAYARAN Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sampai dengan jatuh tempo pembayaran yaitu setiap tanggal 31 Agustus. Apabila melewati jatuh tempo dikenakan denda sebesar 2 Persen per bulan dengan maksimal denda 24 bulan.

Terkait tempat pembayaran, kami belum bekerja sama dengan kantor pos. Namun ke depan nanti semua payment poin, baik bank, kantor pos, gerai Alfamart dan Indomaret serta aplikasi belanja online akan dapat diakses pembayaran PBB tersebut.

SUBHAN NOR YAUMIL SE MSI
Kepala Bakeuda Kota Banjarmasin

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help