Berita Tanahbumbu

214 Nelayan di Desa Sardangan Dapat Bantuan Konversi BBM ke BBG

Pemberian bantuan paket konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil ini merupakan program Kementerian ESDM

214 Nelayan di Desa Sardangan Dapat Bantuan Konversi BBM ke BBG
helriansyah
Sebanyak 214 nelayan di Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu, menerima bantuan paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) Ke Bahan Bakar Gas (BBG). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sebanyak 214 nelayan di Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu, menerima bantuan paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) Ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Pemberian bantuan paket konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil ini merupakan program Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, H Dardiansyah kepada para nelayan di Sardangan pada Jumat (5/10/18) kemarin.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Alimuddin Baso yang turut hadir mengatakan bantuan paket konversi BBM ke BBG bagi nelayan ini merupakan program dari Kementerian ESDM. Program ini bekerjasama dengan Komisi VII DPR RI yang didukung pula oleh Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu dan PT Pertamina.

Baca: Link Live Streaming Indosiar - Live Streaming Arema FC vs Persebaya Liga 1 Sore Ini

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Arema FC vs Persebaya Surabaya via Siaran Langsung Indosiar

Baca: Gusti Ervin Wardhana siap menangkan pasangan Jokowi-Maruf

Baca: Akses Pencarian Lowongan dan Formasi Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id Mudah Diakses

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) MNCTV Tottenham vs Cardiff Liga Inggris Pekan 8 Malam ini, Son Mandul

Nelayan penerima bantuan paket ini adalah nelayan yang telah memenuhi kriteria seperti memiliki kartu nelayan yang terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sesuai kriteria itu, warga yang tinggal dibantaran sungai itu telh terdata dan mendapatkn bntua.

Itu sesuai dengan kriteria yang ditentukan sehingga bisa mendapatkan bantuan. Dimana mereka yang berhak menerim bantuan adalah nelayan yang memiliki kapal dengan kapasitas dibawah 5 GT. Terlebih lagi, nelayan di desa itu menggunakan alat tangkap ramah lingkungan.

"Jadi program paket konversi BBM ke BBG bertujuan untuk membantu masyarakat yang bekerja sebagai nelayan kecil diwilayahnya. Bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat dan memudahkan nelayan ini," katanya.

Dia menyebutkan, beberapa paket konversi yang diserahkan adalah berupa mesin kapal, converter kit, tabung LPG, As Panjang, dan baling-baling kapal. Menurutnya, kapal nelayan yang menggunakan BBG ini lebih hemat dari BBM. Seban, satu BBG dapat menghemat 7 liter BBM.

"Kepada para nelayan penerima bantuan, kami harap agar paket bantuan dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari nelayan dalam meningkatkan perekonomian keluarga," katanya didampingi anggota DPR RI Dardiansyah dan Plt Bupati Tanahbumbu.

Asisten Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Pemkab Tananbumbu Avian Noor mewakili Plt Bupati Tanahbumbu H Sudian Noor berterimakasih kepada Anggota Komisi VII DPR RI H Dardiansyah dan Kementerian ESDM dengan segala bantuannya.

Menurutnya, dengan adanya bantuan paket konverter kit pada program konversi BBM ke BBG untuk nelayan kecil di Kabupaten Tanbu, tentu akan sngat membntu nelayan kecil.

"Kami harapkan bantuan itu mampu meningkatkan produktifitas para nelayan di Tanbu yang saat ini memang perlu mendapat perhatian, terutama terhadap dukungan sarana dan prasarana yang memadai guna membantu kesejahteraan para nelayan," ucapnya.

Bantuan itu diharapakannya bisa dimanfaatkan dengan benar sehingga penghasilan juga bisa lebih meningkat lagi.
(banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help