Galuh Banjar Ini Seorang Karateka Andal

Merliza menuturkan program kepemudaan yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga itu diikuti delegasi dari seluruh provinsi.

Galuh Banjar Ini Seorang Karateka Andal
istimewa
Merliza Mutia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seorang karateka biasanya identik dengan badan kekar dan sangar. Tapi, tak demikian dengan Merliza Mutia. Pemilik sabuk biru ini justu berpenampilan lembut dan gemulai.

Meski ia seorang atlet karate, namun Merliza dikenal sebagai figur pemuda yang ramah, lembut, dan pandai. Karena itu pula, pada 2017 lalu ia ditunjuk sebagai Duta Bahari pada Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Sabang.

Merliza menuturkan program kepemudaan yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga itu diikuti delegasi dari seluruh provinsi.

Selama 27 hari tiga perwakilan dari tiap provinsi (1 perempuan, 2 laki-laki) berlayar di lautan lepas Indonesia. "Tahun 2017 lalu saya KPN Sail Sabang yang berlayar ke arah Pulau Sumatera," sebutnya, Sabtu (06/10/2018).

Kala itu, pihaknya berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Lalu, singgah di Batam, Kepulauan Riau. Selanjutnya berlayar kembali dan singgah di Medan, Sumatera Utara.

Tidak hanya mengarungi lautan, Merliza dan perwakilan duta bahari lainnya juga menempuh perjalanan darat menaiki bus ke Banda Aceh. "Kurang lebih 18 jam kami menempuh perjalanan darat," bebernya.

Perjalanan diteruskan di perairan menaiki speedboat menuju Sabang. Dalam kegiatan,banyak kegiatan bermanfaat yang dilakukan ,terutama mengenai pertukaran budaya antarpeserta. "Ada juga forum diskusi, penampilan pentas seni dari tiap daerah masing-masing," jelasnya.

Kapal Pemuda Nusantara merupakan salah satu program dari Kemenpora yang berkolaborasi dengan Kementrian Pariwisata, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bekerja sama dengan TNI AL dalam upaya menanamkan nilai-nilai dunia bahari.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi, Minggu (07/10/2018).

www.banjarmasinpost.co.id/khairil rahim

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved