Berita Balangan

Kebun Raya Balangan Lestarikan Tanaman Langka, Cocok Untuk Tujuan Berlibur

Warga Kabupaten Balangan maupun daerah lainnya jika ingin mengenal berbagai jenis pohon ataupun juga tanaman langka

Kebun Raya Balangan Lestarikan Tanaman Langka, Cocok Untuk Tujuan Berlibur
kiriman andy rupisa
Kebun Raya Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Warga Kabupaten Balangan maupun daerah lainnya jika ingin mengenal berbagai jenis pohon ataupun juga tanaman langka, ingin mengetahuinya tak perlu jauh.

Di Kabupaten yang berjuluk Bumi Sanggam ini sedang mengembangkan Kebun Raya Balangan (KRB) yang berlokasi di Komplek Garuda Maharam Kelurahan Paringin Timur Kecamatan Paringin.

Baca: Link Live Streaming Indosiar - Live Streaming Arema FC vs Persebaya Liga 1 Sore Ini

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Arema FC vs Persebaya Surabaya via Siaran Langsung Indosiar

Kepada banjarmasinpost.co.id, Sabtu (6/10/2018) Andy Rupisa selaku Pengelola Kebun Raya Balangan menuturkan, saat ini keberadaan KRB masih dalam tahap pembenahan dan pengembangan.

Namun menurutnya, sejumlah dan berbagai jenis tanaman seperti pohon besar, kemudian tanamam langka sudah ada di KRB.

"Saat ini luasan lahan KRB masih lima hektar, rencananya akan ada pembebasan lahan lagi sebanyak tiga hektar untuk menambah area pengembangan," ungkapnya.

Baca: Formasi CPNS 2018 Sudah Bisa Diakses di Pendaftaran CPNS 2018 Via Sscn.bkn.go.id

Lebih lanjut, saat ini berbagai jenis tanaman langka yang ada di KRB sudah berjumlah 25 jenis, menariknya kesemuanya itu tak didatangkan dari daerah luar, melainkan dari daerah Balangan sendiri yaitu di Kecamatan Halong.

"Di Halong itu hutannya masih alami, diperkirakan masih ada ratusan jenis tanaman langka ada disana, namun butuh waktu untuk mencari tanaman langka tersebut," katanya.

Selain baik dan bagus sebagai tempat rekreasi sekaligus refreshing, keberadaan KRB juga diperuntukkan bagi mereka yang ingin melakukan penelitian serta pendidikan alam, terutama mengenai tanaman langka.

Baca: Akses Pencarian Lowongan dan Formasi Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id Mudah Diakses

Meski masih dalam tahap pengembangan, sejumlah masyarakat ada saja yang singgah ke KRB untuk sekedar berfoto-foto dan sebagainya.

"Di hari biasa malah yang sering dikunjungi masyarakat, mereka singgah menikmati fasilitas menara pandang ada dua buah serta gazabu dua buah, berfoto-foto dan melihat pemandangan dari ketinggian," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help