Gempa Donggala

Ribuan Pengungsi Tsunami di Palu Serbu Balikpapan, Kapolres: Kerawanan Bisa Saja Terjadi

Usai mendarat di Balikpapan, ada yang langsung melanjutkan perjalanan ke daerah asal, ada juga yang bertahan di Balikpapan.

Ribuan Pengungsi Tsunami di Palu Serbu Balikpapan, Kapolres: Kerawanan Bisa Saja Terjadi
tribun kaltim
Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra memantau posko-posko penampungan pengungsi korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN - Ribuan orang beberapa hari belakangan ini masuk ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Mereka adalah para korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Usai mendarat di Balikpapan, ada yang langsung melanjutkan perjalanan ke daerah asal, ada juga yang bertahan di Balikpapan.

Sejauh ini belum ada data rill terkait jumlah korban yang masuk ke Balikpapan.

Hanya saja dari pantauan Tribunkaltim.co, di pangkalan aju penanganan bencana di base ops Lanud Balikpapan, sekitar 4.000-an pengungsi berhasil dievakuasi.

Baca: Formasi CPNS 2018 BPOM Hingga 15 Oktober 2018 di Pendaftaran CPNS Sscn.bkn.go.id

Masifnya warga yang masuk ke Balikpapan jadi perhatian aparat kepolisian yakni soal keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra mengatakan kerawanan bisa saja terjadi, dengan masuknya ribuan orang ke Balikpapan.

Baca: Kemensetneg RI Buka 116 Formasi CPNS 2018, Pendaftaran Masih Dibuka di Sscn.bkn.go.id

"Tetap kerawanan bisa saja terjadi," katanya.

Pihaknya meminta masyarakat Balikpapan kembali mengaktifkan siskamling di lingkungan tempat tinggalnya.

Selain itu, peran RT hingga Lurah terhadap pendataan penduduk juga penting. Sebab mereka garda terdepan keamanan, bersama bhabinda dan bhabinkamtibmas TNI-Polri.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) MotoGP Thailand 2018 di Trans 7 Minggu (7/10), Dominasi Marquez?

"Kembali aktifkan pos kamling, pendataan penduduk, banyaknya pengungsi yang datang. Mulai dari RT lurah dan camat, merekalah yang tahu betul orang yang masuk ke daerahnya," ujarnya.

Sejauh ini dari pantauannya, keamanan kota minyak masih kondusif.

Pengungsi yang masuk lewat pintu udara dan air dikawal oleh petugas TNI Polri serta Pemda, baik di bandara maupun pelabuhan. Di setiap tempat juga disediakan posko bagi mereka.

Baca: Tanggapi Video Viral, Wali Kota Prabumulih: Tidak Ada Adu Jotos Saya dengan Asisten III

"Sampai hari ini belum ada pengungsi yang lebih dari 3 hari, mereka langsung pergi ke tujuannya masing-masing. Kami antisipasi pintu masuk, udara dan laut. 24 jam kita lakukan pengamanan," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunkaltim.co dengan judul Ribuan Orang Masuk ke Balikpapan, Bagaimana Dampak Kerawanannya? Ini Kata Kapolres

Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help