Bumi Sanggam

DAD Balangan Gelar Budaya dan Deklarasi Damai Antar Suku Menyongsong Pemilu Tahun 2019

Kegiatan diisi dengan deklarasi antar suku se Kabupaten Balangan, do’a yang dipimpin oleh para pemuka Agama Islam, Kristen

DAD Balangan Gelar Budaya dan Deklarasi Damai Antar Suku Menyongsong Pemilu Tahun 2019
Istimewa
Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan mengelar kegiatan bertajuk Gelar Budaya Dalam Bingkai Kebhinekaan Menyongsong Pemilu Damai Tahun 2019 dan Deklarasi Pemilu Damai Antar Suku se Kabupaten Balangan, kemarin Kamis (4/10/2018) pukul 09.00 wita, di lapangan Terminal Paringin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan mengelar kegiatan bertajuk Gelar Budaya Dalam Bingkai Kebhinekaan Menyongsong Pemilu Damai Tahun 2019 dan Deklarasi Pemilu Damai Antar Suku se Kabupaten Balangan, kemarin Kamis (4/10/2018) pukul 09.00 wita, di lapangan Terminal Paringin.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Balangan, Wakil Ketua DPRD Balangan, Dandim 1001, Kapolres Balangan, Sekda Balangan, para pejabat di lingkungan Pemkab Balangan, perwakilan PT Adaro Indonesia, perwakilan komunitas/suku di Kabupaten Balangan dengan jumlah hadir keseluruhan sekitar 100 orang.

Kegiatan diisi dengan deklarasi antar suku se Kabupaten Balangan, do’a yang dipimpin oleh para pemuka Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha, serta gelar pertunjukan budaya dari beberapa daerah penampilan kesenian tradisional seperti wayang orang, kuda lumping, tari adat dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Balangan H. Ansharuddin bersama Forkopimda mengapresiasi langkah DAD Balangan dalam mendukung kelancaran tahapan Pemilu 2019.

“Ini adalah langkah awal menuju Pemilu 2019 yang damai, seluruh elemen masyarakat bersinergi dalam bingkai kebhinekaan,” ucapnya.

Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni menegaskan, kegiatan gelar budaya ini menjadi tanda bahwa bangsa Indonesia berdiri tegak atas keberagaman budaya, agama dan adat istiadat.

“Mari jaga keragaman budaya, agama dan adat istiadat ini, agar menjadi kekuatan kita membentengi diri dari kerawanan yang mengintai kita jelang pesta demokrasi, tetap kompak, jangan mudah untuk dihasut dari kelompok-kelompok lain,” ujarnya.

Ketua DAD Balangan, Mandan menerangkan, bahwa tujuan kegiatan ini tidak lain adalah untuk menciptakan rasa saling menghargai perbedaan dan tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar proses Pemilu Legislatif dan Pilpres berjalan damai, aman dan lancar, tetap dalam bingkai Kebhinekaan, saling menghormati dan menghargai perbedaan dan tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (*/aol)

Gelar budaya dan deklarasi damai antar suku se kabupaten balangan dalam rangka menghadapi pemilu 2019

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help