Berita Hulu Sungai Tengah

Rampah Libaru Buntar, Air Terjun Tersembunyi di Atas Tumaung Kabupaten HST

Jarang ada yang mengetahui, di sekitar air terjun yang sering dikunjungi para rider penggemar adventure d

Rampah Libaru Buntar, Air Terjun Tersembunyi di Atas Tumaung Kabupaten HST
istimewa
Rampah (air terjun) Libaru Buntar, di Pantai Mangkiling Desa Datarajab, Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengah, yang menarik untuk dikunjungi wisatawan yang ingin refreshing menikmati udara yang tak tersentuh polusi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Para pencinta wisata alam di Pegunungan Meratus selama ini mengenal air Terjun Tumaung. Letaknya di Pantai Mangkiling,  Desa Datarajab, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Jarang ada yang mengetahui, di sekitar air terjun yang sering dikunjungi para rider penggemar adventure dan masyarakat HST tersebut ada air terjun lagi.  

Namanya, air terjun Libaru Buntar. Letaknya sekitar 50 meter ke bagian hulu sungai, dari air terjun Tumaung. Atau di gunung tebing daratan Desa Datarajab Kecamatan Hantakan, tepatnya d Sungai Kapiau, anak sungai Barabai.

“Jadi masih satu lokasi dengan rampah Tumaung,”kata Akhmad Royani, pencinta wisata alam petualangan, Minggu (7/10/2018).

Baca: Reaksi Petinggi PSSI ke Pentolan Suporter Arema Usai Laga Arema vs Persebaya Liga 1 2019 Rusuh

Baca: Kiper Persebaya Ditantang Suporter & Ricuh di Tribun Warnai Laga Arema FC vs Persebaya Liga 1 2018

Menurut Royani, air terjun ini luput dari perhatian pengujung yang ke TUmaung, karena keberadaanya memang tak terlihat dari bawah.

Hal tersebut lantaran terhalang dinding tebing rampah Tumaung. UNtuk mencapat rampah Libaru Buntar ini, diperlukan nyali yang lebih, serta kehati-hatian. Masalahnya harus menaiki tebing batu yang hampir vertikal.

“Kemiringannya sekitar 80 derajat, dengan ketinggian sekitar 15 meter,”ungkap Royani, yang pekan lalu bersama rekan-rekannya berhasil mendaki tebing batu yang nyaris vertikal tersebut. 

Meski memerlukan sedikit perjuangan dan keberanian mencapainya, tak perlu risau.  Di sekitarnya tersedia  akar-akar pohon yang kuat dan celah-celah batu sebagai pegangan dan pijakan untuk mendakinya.

Baca: Khabib Nurmagomedov Kalahkan Conor McGregor di Laga UFC 229, Sempat Ribut Pasca Laga

Baca: Hasil MotoGP Thailand 2018 - Marc Marquez Juara, Atasi Andrea Dovizioso di Tikungan Terakhir

“Jadi sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan,”kata Royani.

Dibanding rampah Tumaung, rampah Libaru Buntar lebih rendah. Tapi, panorama yang disuguhkannya terasa lebih indah. Dari air terjun itu, pengunjung dapat menyaksikan beberapa undakan rampah di atasnya, menyerupai tangga.

Halaman
123
Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved