Berita Kotabaru

Percepat Pencetakan KTP Elektronik, Disdukcapil Kotabaru Buka Layanan Sabtu & Minggu

Fitriadi juga mengungkapkan, salah satu cara percapatan rekam dan pencetakan KTP elektronik.

Percepat Pencetakan KTP Elektronik, Disdukcapil Kotabaru Buka Layanan Sabtu & Minggu
helriansyah
Kadisdukcapil Kotabaru H Ahmad Fitriadi F 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Dinas Kependudukan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kotabaru rencana akan menggeser beberapa kegiatan di anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2018. Pergeseran anggaran kegiatan itu upaya percepatan layanan rekam dan pencetakan KTP elektronik (e-KTP).

Hal itu dikemukakan Kepala Disdukcapil Kotabaru H Ahmad Fitriadi F, bahkan selain rencana menggeser beberapa kegiatan lain. Namun juga membuka layanan di hari libur yaitu Sabtu dan Minggu.

Fitriadi juga mengungkapkan, salah satu cara percapatan rekam dan pencetakan KTP elektronik. Pihaknya memangkas atau menyederhanakan proses layanan agar tidak merepotkan masyarakat.

Baca: Mau Kopi Gaharu Perkasa? Klik di Situs Ini, Omset Penjualan Rp 50 juta Per Bulan

"Intinya kalau mereka belum melakukan perekaman, cukup membawa kartu keluarga (KK) saja. Orangnya langsung datang dan kami rekamkan. Dan, hari itu juga KTP sudah bisa mereka terima," jelas Fitriadi kepada banjarmasinpost.co.id, kemarin.

Tidak kecuali, tambah Fitriadi, mereka sudah pernah melakukan perekaman. Cukup membawa suket (surat keterangan) pernah melakukan perekaman.

Baca: Kehebohan Kalina Oktarani dan Sabrina Chairunnisa Saat Ngobrol Tentang Emak Emak Naik Motor

Suket dikeluarkan disdukcapil, bagi masyarakat sudah pernah melakukan perekaman. Akan tetapi, saat itu blanko KTP tidak tersedia. Selain ada alasan pemohon meminta diterbitkan suket, karena antrean terlalu banyak. Sementara suket (KTP sementara) diperlukan untuk kelengkapan dokumen.

Beda lagi dengan layanan di kecamatan atau desa, masyarakat sudah melakukan perekaman tapi petugas tidak bisa menerbitkan suket. Sekarang bisa langsung ke kantor disdukcapil cukup demgan membawa salinan (fotocopy) KK.

Baca: Rahasia Kecantikan Amanda Rawles Ternyata Ada di Dua Benda yang Selalu Dibawanya Ini

"Sampaikan ke petugas layanan. Nanti dicek datanya, kalau memang sudah melakukan perekaman langsung terdeteksi. Langsung kami cetakan," kata Fitriadi kepada banjarmasinpost.co.id.

Terkait percepatan layanan ini, masih menurut Fitriadi, kalau ada gangguan teknis segera berkomunikasi dengan depdagri. Menghubungi pihak depdagri, kurang dari 30 menit gangguan langsung diperbaiki dan bisa dicetak kembali.

Menyinggung soal realisasi layanan, sampai hari kemarin sudah mencapai 88 persen dari 224 ribu wajib KTP.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help