Berita Banjabaru

PLTU Pulangpisau Segera Beroperasi Normal Kembali Mulai Selasa (9/10/2018)

Sampai Senin (8/10/2018) malam, PLTU Pulang Pisau Unit 1 dan Unit 2 belum dapat dioperasikan sehingga mempengaruhi suplai daya ke pelanggan.

PLTU Pulangpisau Segera Beroperasi Normal Kembali Mulai Selasa (9/10/2018)
Humas PLN Kalselteng
Perbaikan yang dilakukab petugas PLN beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) saat ini tengah berjuang menormalkan kembali jaringan listrik di sebagian wilayah.

Gangguan tersebut terjadi paska-adanya gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) yang menghubungkan Gardu Induk (GI) Selat di Kualakapuas dan GI Sebar di Palangkaraya pada Minggu sore (7/10/2018) akibat sambaran petir.

Hingga Senin (8/10/2018) malam, PLTU Pulang Pisau Unit 1 dan Unit 2 belum dapat dioperasikan sehingga mempengaruhi suplai daya ke pelanggan. Namun, pada Selasa (9/10/2018) PLTU Pulangpisau bisa beroperasi normal kembali.

“Sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas adanya gangguan ini,” ujar Plh Manajer Komunikasi PLN Wilayah Kalselteng, Bayu Aswenda, Senin (8/10/2018) malam.

Baca: PLN Berhasil Pulihkan Transmisi SUTT 150 kV Akibat Tersambar Petir

Baca: Dirawat Dirumah Sakit, Deddy Corbuzier Bikin Kata Bijak Soal Hoax yang Dibuat Nenek-Nenek

Menurut dia, petugas PLN sudah berupaya guna menormalkan kembali PLTU Pulang Pisau Unit 1 dan Unit 2. Setelah dilakukan pengecekan peralatan guna memastikan parameter operasi dalam keadaan aman, PLTU Pulang Pisau direncanakan baru dapat beroperasi Pada Selasa (9/10/2018).

Pengoperasian PLTU Unit 1 dan Unit 2, jelas Bayu, memerlukan waktu. Tidak seperti pembangkit listrik tenaga lainnya, untuk PLTU diperlukan waktu terlebih dahulu guna mendinginkan mesin sebelum dioperasikan.

“Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, kami mohon doanya agar pemulihan sistem dapat berjalan lancar. Terima kasih,” pungkas dia. (banjarmasinpost.co.id/sofyar redhani)

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved