Menyibak Rahasia Jamu Sungai Tuan

Sesuai Namanya Ragi 41, Ternyata Jamu Ini Mengandung 41 Tanaman Herbal

Tak hanya itu, khasiatnya pun untuk kesehatan sudah terjamin dan dirasakan oleh warga setempat.

Sesuai Namanya Ragi 41, Ternyata Jamu Ini Mengandung 41 Tanaman Herbal
Isti Rohayanti
Warga Desa Sungaituan Ulu, Khalifah memperlihatkan jamu yang ia konsumsi hingga tubuhnya tetap sehat meski beraktivitas di sawah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA- Sudah tahu jamu ragi 41 atau yang lebih dikenal sebagai jamu ragi 40. Menurut cerita warga Sungai Tuan Ulu, Kecamatan Astambul, Khalifah, jamu ini benar-benar memiliki 41 campuran bahan.

Tak hanya itu, khasiatnya pun untuk kesehatan sudah terjamin dan dirasakan oleh warga setempat. Bahkan jamu ini sangat mudah didapatkan di wilayah Astambul dan Martapura.

Bahan-bahan yang tercampur dalam ragi 41 ialah bahan herbal yang dianggap bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena campurannya yang banyak. Oleh sebab itu disebut sebagai ragi 41.

Baca: Namnya Jamu Ragi 41, Warga Sungai Tuan Turun Temurun Andalkan Minuman Tradisional Ini

Dari jamu ragi 41, Khalifah bahkan tak bisa sebutkan satu persatu bahan herbal di dalamnya. Namun semua kandungan tersebut berasal dari tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan obat.

Bahan alami yang terkandung atau terdapat di jamu ragi 41 di antaranya, ialah jintan, ketumbar, temulawak, cengkeh, daun sapang, serta cabi yang berfungsi untuk menghangatkan badan.

Baca: Badan Terasa Sehat dan Bugar, Ternyata Ini yang Dikonsumsi Warga Desa Tiap Hari

"Di campuran ragi 41 juga ada adas manis dan banyak lagi tumbuhan lainnya. Pokoknya ada 41 macam," terangnya.

Dari sejumlah bahan alami kandungan ragi 41 bisa dikatakan merupakan jenis tumbuhan yang berkhasiat untuk tubuh. Itulah sebabnya, Khalifah menjadi satu dari kebanyakan orang yang memanfaatkan jamu tersebut untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya yang kini sudah berusia di atas 60 tahun.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved