Kisah Harta Karun di Puncak Batu Bini

Bukit Batu Bini Terbentuk Dari Kutukan

Desa Batu Bini di Kecamatan Padang Batung Kabupaten HSS memiliki cerita rakyat yang masih dikenang oleh masyarakat turun temurun.

Bukit Batu Bini Terbentuk Dari Kutukan
banjarmasin post group/ aprianto
Suasana puncak Batu Bini 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Desa Batu Bini di Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki cerita rakyat yang masih dikenang oleh masyarakat setempat dari turun temurun.

Sebelum bernama Desa Batu Bini, Desa ini lebih dikenal dengan sebutan pagat batu dengan cerita rakyat yang masih menjadi cerita dari generasi ke generasi.

Sekretaris Desa Batu Bini M Ridhani mengatakan bahwa cerita rakyat itu masih banyak diketahui oleh masyarakat di Desa Batu Bini.

"Ceritanya mirip dengan kisah maling kundang. Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang mengetahui cerita rakyat itu," katanya, kemarin.

Baca: Syarat Baru Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id Dirilis Kemenpan RB, 2.117.182 Pelamar Terdaftar

Baca: Kisah Khabib Nurmagomedov Juara Dunia UFC, Muslim Taat, Latihan dengan Beruang dan Fans Real Madrid

Baca: Sanksi Khabib Nurmagomedov Usai Rusuh dari Conor McGregor di UFC 229 Diungkap Presiden UFC

Baca: Link Live Streaming Pengamatan Hilal Safar 1440 H dan Doa Safar, BMKG : Serentak di 1 Provinsi

Legenda ini menceritakan tentang Diang Ingsun dan Angui anaknya. Ceritanya mirip seperti Malin Kundang menceritakan anak yang durhaka kepada orangtuanya.

Masyarakat di sana percaya bahwa gunung batu bini dan batu laki merupakan kapal Angui dan istrinya yang berubah menjadi batu karena dikutuk oleh Diang Insun ibu dari Angui.

Kapal Angui terbagi jadi dua sehingga membentuk gunung yakni batu bini dan batu laki. Kedua batu ini terpisah oleh sungai yang mengalir yang dikenal dengan sungai amandit. (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved