Bumi Antaluddin

Ekspose Pendahuluan RPJMD Kabupaten HSS 2019-2023

Ekspose pendahuluan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)

Ekspose Pendahuluan RPJMD Kabupaten HSS 2019-2023
Kiriman Protokol dan Kehumasan HSS
Ekspose pendahuluan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Tahun 2019-2023 digelar, Selasa, (9/10). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Ekspose pendahuluan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Tahun 2019-2023 digelar, Selasa, (9/10).

Kegiatan ekspose dilaksanakan di aula Mandapai Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kegiatan ekspose ini dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan para Kepala OPD dan Tim Sehati Plus Cinta HSS.

Wakil Bupati HSS pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pada pemerintahan 2013-2018 visinya Sehati (Sejahtera, Agamis dan Produktif) telah membawa Kabupaten HSS dengan berbagai prestasi, penghargaan dan lencana.

Kegiatan ekspose ini dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan para Kepala OPD dan Tim Sehati Plus Cinta HSS.

Kegiatan ekspose ini dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan para Kepala OPD

dan Tim Sehati Plus Cinta HSS. (Kiriman Protokol dan Kehumasan HSS)

Dengan sumber dana yang tidak terlalu besar kurang lebih Rp 1,1 triliun, namun mampu menghantarkan HSS dengan berbagai prestasi.

Selain itu, telah memperoleh WTP lima tahun berturut-turut, inovasi masuk 99 besar, memperoleh adipura.

Serta melakukan program-program pengentasan kemiskinan, penguatan ekonomi, peningkatan produktifitas masyarakat dan mampu menghadirkan bedah rumah 1.000 buah per tahun.

Untuk visi tahun 2018-2023 dilanjutkan dengan Cinta (Cerdas, Inovatif, Tegnologis dan Agamis) atau Sehati Plus Cinta HSS.

Karena menginginkan menuju Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad
Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad (Kiriman Protokol dan Kehumasan HSS)


Disamping itu, Cinta memiliki janji-janji politik yang nantinya akan dibahas, ada 5 misi, 8 tujuan, 22 sasaran, 49 indikator sasaran dan 105 program.

Untuk lima misi tersebut yang pertama mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya.

Kedua, mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumber daya alam dan kearifan lokal.

Ketiga, meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik dan sosial yang menunjang sektor perekonomian.

Keempat, mengoptimalkan sumberdaya daerah berbasis pemberdayaan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Kelima, menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik berkualitas berbasis teknologi informasi dalam bingkai kehidupan yang agamis.

Pihaknya berharap pencapaian visi misi bukan ditahun kelima, tetapi di tahun tiga dan keempat.

Sehingga tahun keempat dan kelima tinggal penyelaras akhir dan evaluasi.

Agar program dimaknai untuk membuat keadaan yang lebih baik lagi kedepan.

"Segala sektor pembangunan hendaknya disesuaikan dengan Visi Misi yang sudah dirancang pak Bupati bersama kami, yakni menuju Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia & akhirat," kata Syamsuri Arsyad.

Kepala Bappelitbangda H Iwan Friady melaporkan bahwa Ekspose Pendahuluan Rancangan Awal RPJMD ini merupakan salah satu rangkaian persiapan dalam penyusunan RPJMD yang dimulai dari tahapan penyusunan RPJMD stenografi, Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD.

Beberapa agenda harus dilaksanakan pada Oktober yakni ekspose awal RPJMD kepada SKPD dan Tim Sehati Plus Cinta HSS. Kemudian dari tim penyusun Rancangan Awal RPJMD akan ekspose ke Provinsi Kalsel. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved