Berita Banjarbaru

Keluarga Korban Gempa Palu yang Tiba di Banjarbaru Disembuhkan Traumanya Di sini

Kali ini di kantor Dinas Dalduk KB PMP dan PA yang ikut bernyanyi dan mendengarkan dongeng juga orang dewasa.

Keluarga Korban Gempa Palu yang Tiba di Banjarbaru Disembuhkan Traumanya Di sini
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Korban gempa Palu menerima bingkisan dari Dinas Dalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jika biasanya yang diajak bernyanyi dan dibacakan dongeng adalah anak-anak. Kali ini di kantor Dinas Dalduk KB PMP dan PA yang ikut bernyanyi dan mendengarkan dongeng juga orang dewasa.

Kali itu pengungsi korban gempa Palu yang mengungsi ke Banjarbaru diterapi oleh psikolog, Selasa (09/10/2018).

Pengungsi yang berjumlah sembilan orang diajak bernyanyi bersama dan membaca buku cerita.

Kata Kadisdalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru,Puspa Kencana terapi dilakukan untuk memulihkan kondisi kejiwaan pengungsi gempa.

Mereka yang menjadi korban gempa terangnya sering mengalami trauma. Oleh karena itu Dinas Dalduk KB PMP dan PA memberikan pelayanan trauma healing kepada pengungsi.

Baca: Hasil Persib Bandung vs Madura United Liga 1 2018 : Skor Babak Pertama 0-1, Gol Penalti!

"Kita ada Program PUSPAGA, Pusat Pembelajaran Keluarga, kami memberikan pelayanan gratis kepada keluarga dan anak, terutama anak anak yang terkena gempa. Dengan itu ada pemulihan teromatisnya karena kami di sini mempunyai konselor dan psikolog dan forum anak Daerah bertugas sebagai konselor," jelasnya.

Dengan diberi trauma healing harapannya pengungsi gempa pulih kejiwaannya dan melupakan kejadian gempa yang sempat dirasakan sehingga bisa kembali beraktivitas seperti sebelumnya.

Khusus bagi korban bencana yang sudah dewasa juga ada ceramah keagamaan dari Kemenag Kota Banjarbaru agar bisa menjadikan bencana sebagai pelajaran bagi kehidupan.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat agar belajar simulasi penanganan bencana sehingga saat terjadi bencana masyarakat siap menghadapinya," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Seperti diketahui ada sembilan orang korban gempa Palu dari dua keluarga yang mengungsi di Banjarbaru. Selain itu terang Puspa masih ada kemungkinan warga Palu korban gempa yang mengungsi ke Banjarbaru.

Baca: Timnas U-19 Indonesia Vs Arab Saudi Piala Asia U-19 2018- Indra Sjafri Waspadai Postur Pemain

"Bagi yang ada keluarganya korban gempa mengungsi ke Banjarbaru bisa lapor ke kita untuk dilakukan trauma healing,"sebutnya.

Salah satu pengungsi gempa Palu, Budi Mado yang merupakan warga kelurahan Balaroa sebelumnya sempat mengeluhkan trauma jika mendengar suara bergemuruh. Ia masih bisa kaget saat mendengar suara gemuruh mobil melintas di depan rumah.

Selain mendapatkan trauma healing, korban gempa Palu yang mengungsi ke Banjarbaru juga diberikan hadiah hiburan.
(Banjarmasinpost.co.id/milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved