Berita Batola

Persetujuan Penerapan TPA Regional Banjar Bakula, Dinas LH Batola Ngikut Banjarmasin

Kawasan Banjar Bakula nanti sudah harus membuang sampah ke TPA regional sesuai tonase per 1 Januari 2019.

Persetujuan Penerapan TPA Regional Banjar Bakula, Dinas LH Batola Ngikut Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Taman Pemprosesan Akhir (TPA) Tabing Rimbah, Kabupaten Batola. 

BANJARMASINPOTS.CO.ID, MARABAHAN - Dinas lingkungan hidup (LH) Kabupaten Batola, akan menunggu keputusan Kota Banjarmasin untuk persetujuan penerapan tempat pembuangan akhir (TPA) Regional di Gunung Kupang Banjarbaru pada 1 Januari 2019 mendatang.

“Untuk persetujuan konsep TPA regional Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Baritokuala dan Tanahlaut (Banjar Bakula) di Gunung Kupang kita menunggu persetujuan Kota Banjarmasin. Kalau Banjarmasin setuju, kita setuju saja,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Batola, Fahriana, Selasa (9/10/18).

Fahriana mengatakan saat ini Kota Banjarmasin itu paling banyak tonase sampah yang dibuang. Jadi jika Bajarmasin setuju batasan tonase sampah yang dibuang dan besaran retribusi, maka Batola akan setuju juga.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Ikhas Indar, memastikan TPA regional di Gunung Kupang Banjarbaru akan operasional pada 1 Januari 2019 mendatang.

Baca: Dua Kali Negosiasi, 12 Warga Bawah Jembatan Alalak Sepakat Dibebaskan, Ini Cara Penghitungannya

Nah, kawasan Banjar Bakula nanti sudah harus membuang sampah ke TPA regional sesuai tonase kesanggupan dan masing-masing daerah pada 1 Januari tersebut.

“Yaa 1 Januari 2019 ini TPA regional sudah beroperasi. Kita minta Banjar Bakula mempersiapkan diri,” tegas Indar.
Menurut Indar, saat ini memang belum ada titik temu untuk tarif per tonase pembuangan sampah ke TPA regional dari kawasan Banjar Bakula. Hasil perhitungan konsultan sementara, biaya buang sampah ke TPA regional itu sebesar Rp 65.580 per ton.

“Kita merencanakan ada subsidi dari Pemprov Kalsel untuk biaya per tonase pembuangan sampah ke TPA regional untuk meringankan daerah. Jadi pembahasannyabelum final. Kita jiha sudah memberikan laporan Sekda Kalsel soal kendala-kendala Banjar Bakula soal penerapan TPA regional,” tegasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved