Berita Banjarbaru

PLN Kalselteng Pastikan, Selama Malam PLTU Pulangpisau Kembali Normal

Hingga Selasa (9/10/2018) malam, mesin pembangkit Unit 1 dan Unit 2 PLTU Pulangpisau sudah beroperasi kembali.

PLN Kalselteng Pastikan, Selama Malam PLTU Pulangpisau Kembali Normal
Humas PLN Kalselteng
Perbaikan yang dilakukab petugas PLN beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tak memerlukan waktu lama, menormalkan kembali daya listrik di sistem Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) yang mengalami gangguan pada Minggu (7/10) sore berhasil dilakukan.

Hingga Selasa (9/10/2018) malam, mesin pembangkit Unit 1 dan Unit 2 PLTU Pulangpisau sudah beroperasi kembali dan sinkron dengan sistem kelistrikan Kalselteng. Sehingga gangguan kelistrikan pada sejumlah daerah terdampak sudah tidak terjadi lagi.

Diketahui, gangguan tersebut terjadi paska-adanya gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) yang menghubungkan Gardu Induk (GI) Selat di Kualakapuas dan GI Sebar di Palangkaraya pada Minggu sore (7/10) akibat sambaran petir.

Assistant Manager Komunikasi PLN Wilayah Kalselteng, Bayu Aswenda, saat dihubungi Selasa (9/10) malam menyatakan, untuk Unit 1 pada Selasa (9/10) sekitar pukul 11.00 Wita sudah berhasil dioperasikan dan sudah singkron ke sistem kelistrikan Kalselteng dengan produksi listrik maksimal 60 MW.

Baca: Update CPNS 2018 - Gaji Tenaga Honorer Bakal Naik Bila Tak Lolos Pendaftaran CPNS di Sscn.bkn.go.id

Sementara, lanjut dia, untuk Unit 2 dioperasikan namun masih perlu waktu antara 90 - 120 menit sebelum bisa benar-benar maksimal dan sinkron ke sistem kelistrikan Kalselteng.

“Kami perkirakan sekitar pukul 21.00 Wita malam ini sudah bisa sinkron dengan sistem kelistrikan Kalselteng,” jelas dia.

Dengan demikian, jelas dia, maka kelistrikan di Kalselteng sudah bisa stabil setelah PLTU Pulangpisau normal kembali.

Disinggung mengenai adanya gangguan kelistrikan di sejumlah tempat di Kota Banjarmasin pada Selasa (9/10/2018) sore, Bayu mengatakan hal itu tidak ada kaitannya dengan PLTU Pulangpisau.

“Kami cek ke lapangan, ada gangguan pada peralatan jaringan kami di Jalan A Yani km 4,5 Banjarmasin. Hingga saat ini (tadi malam) petugas kami masih melakukan perbaikan dan diperkirakan pukul 20.03 Wita (tadi malam) sudah selesai perbaikan,” jelas dia.

Lebih lanjut Bayu juga menjelaskan kejadian padam listrik di wilayah Bina Brata pada selasa sore dikarenakan adanya pekerjaan penyisipan trafo demi keandalan suplai listrik ke pelanggan.

Dalam kesempatan itu, Bayu juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas adanya gangguan itu. (ofy)

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help