Berita Tabalong

Salah Satu Potensi PAD Tabalong. Pajak Sarang Walet akan Digenjot

Keberadaaan usaha sarang burung walet saat ini sangat menjamur dan bisa ditemukan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong.

Salah Satu Potensi PAD Tabalong. Pajak Sarang Walet akan Digenjot
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Kepala BPPRD Tabalong H Erwan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Keberadaaan usaha sarang burung walet saat ini sangat menjamur dan bisa ditemukan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabalong.

Dari data Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Tabalong hingga saat ini setidaknya sudah terdapat 600 sarang burung walet.

Melihat perkembangan usaha sarang burung walet yang sangat
meningkat membuatnya menjadi salah satu potensi bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala BPPRD Tabalong, H Erwan, Selasa (9/10/2018), mengatakan, untuk usaha sarang burung walet ini sudah ada pengaturannya dalam Perda No 11 tahun 2011 dan Perbup No 19 tahun 2018.

Dimana dalam regulasi tersebut disampaikan untuk usaha sarang burung walet akan dikenakan pajak sebesar 9 persen dari setiap kali hasil panen.

Baca: Polda Kalteng Gagalkan Pengiriman 7 Kg Sabu Asal Malaysia, 5 Kg Sabu Sempat Diedarkan di Kalsel

Hasil panen sendiri perhitungannya untuk saat ini menerapkan self assessment atau pelaporan sendiri dari wakib pajak.

Dari situlah kemudian baru didapatkan berapa jumlah uang yang dibayarkan sebagai pajak dengan ukuran 9 persen dari hasil panen.

Berdasarkan aturan itulah BPPRD berusaha untuk menggenjot pendapatan dari pajak sarang burung walet karena potensinya cukup besar bagi PAD.

Hanya saja progres pendapatan dari pajak sarang burung walet ini belum begitu menggembirakan bila dilihat dari hasil yang sudah didapatkan.

Dari target sekitar Rp. 400 juta setahun, hingga saat ini baru bisa didapatkan 26 persen atau sekitar Rp.100 juta lebih.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved