Selebrita

Dituntut 5 Tahun dan Denda Rp 1 Miliar, Ini Lima Poin Pembelaan Roro Fitria

Kepada majelis hakim, tim kuasa hukum Roro mengajukan lima poin pembelaan untuk kliennya, yakni menerima permohonan pembelaan

Dituntut 5 Tahun dan Denda Rp 1 Miliar, Ini Lima Poin Pembelaan Roro Fitria
Grid.ID
Roro Fitria menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Cilandak, Kamis (28/6/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Tim kuasa hukum Roro Fitria membacakaan nota pembelaan kliennya di persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Kepada majelis hakim, tim kuasa hukum Roro mengajukan lima poin pembelaan untuk kliennya, yakni menerima permohonan pembelaan untuk seluruhnya hingga menyatakan terdakwa perlu menjalani rehabilitasi.

"Satu, menerima permohonan pembelaan dari penasihat hukum untuk seluruhnya," kata salah satu kuasa hukum Roro, Asgar Sjarfi, dalam persidangan.

Asgar juga berharap agar Roro dinyatakan tak terbukti bersalah melanggar pasal yang didakwakan.

Baca: Tidak Dijenguk Fadli Zon Cs di Polda, Ratna Sarumpaet: Enggak masalah

"Dua menyatakan terdakwa Roro Fitria binti Suprapto tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana yang didakwakan dalam dakwaan primer melanggar Pasal 114 juncto Pasal 112 ayat 1 dan subsider Pasal 112 ayat 1 juncto Pasal 132 ayat 1 Undang Undang tahun 2005 tentang Narkotika," ucap Asgar.

"Tiga, menyatakan terdakwa Roro Fitria binti Suprapto secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 127 ayat 1 huruf A Undang Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," imbuh Asgar.

Baca: Jokowi Batalkan Kenikkan Harga Premium, Sekjen Gerindra: Tapi Barangnya Susah Dicari

Selain itu, tim kuasa hukum juga ingin Roro tak dihukum penjara, melainkan dihukum rehabilitasi.

"Empat, menyatakan terdakwa perlu menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial yang disediakan oleh negara," ujarnya.

"Lima, membebankan biaya perkara kepada negara," imbuhnya.

Sebelumnya Roro dituntut lima tahun penjara oleh jaksa Maidarlis. Roro dianggap telah melanggat Pasal 114 ayat 1 juncto pasal 132 ayat 1 Undang Undang RI nomor 35 tahun 2009

Baca: Jadwal Siaran Langsung UEFA Nations League Pekan ini : Italia vs Ukraina, Belanda vs Jerman

"Dua, menjatuhkan pidana terhadap Roro Fitria binti Suprapto dengan pidana penjara selama lima tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam penahanan sementara dengan perintah tetap ditahan," ujar Maidarlis dalam persidangan.

Selain hukuman penjara, Roro juga dituntut denda Rp 1 miliar.

"Denda sebesar Rp 1.000.000.000 (satu miliar rupiah) jika tidak dibayar diganti dengan kurungan penjara selama enam bulan penjara," kata Maidarlis lagi.

Berita Ini Juga Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved