Berita

Hari Ini 11 Tahun Lalu : Muszaphar Shukor Orang Pertama Malaysia Meluncur ke Angkasa

Misi dilakukan Muszaphar Shukor adalah untuk pengembangan bidang kesehatan pada gravitasi rendah luar angkasa.

Hari Ini 11 Tahun Lalu : Muszaphar Shukor Orang Pertama Malaysia Meluncur ke Angkasa
NASA on The Commons/Flickr/KOMPAS.com
Sheikh Muszaphar Shukor ketika berada di ISS 12 Oktober 2007. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Antariksawan Malaysia Sheikh Muszaphar Shukor menjadi orang pertama asal Malaysia berhasil meluncur ke luar angkasa, hari ini 11 tahun yang lalu, tepatnya pada 10 Oktober 2007.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (10/10/2018), terbang bersama dengan astronaut Rusia dan Amerika Serikat, Shukor mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS).

Misi yang dilakukan oleh Muszaphar Shukor adalah untuk pengembangan bidang kesehatan pada gravitasi rendah luar angkasa.

Sheikh Muszaphar Shukor terpilih sebagai antariksawan berkaitan dengan paket pembelian pesawat tempur Sukhoi Rusia oleh Malaysia. Pihak Rusia memberikan tawaran kepada calon antariksawan Malaysia untuk bisa ikut meluncur ke Angkasa.

Muszaphar terpilih dan menjalani latihan bersama pihak Rusia mengenai luar angkasa.

Persiapan segera dilaksanakan. Pesawat yang digunakan untuk membawa astronot berjenis Soyuz TMA-11 juga menjalani serangkaian percobaan.

Baca: Penerimaan CPNS 2018 Ditunda Sampai 2019 Kata KemenPAN-RB Khusus Daerah Ini, Link sscn.bkn.go.id

Baca: Jadwal Siaran Langsung & Live Streaming RCTI Timnas Indonesia vs Myanmar, Jelang Piala AFF 2018

Dilansir dari Harian Kompas edisi 11 Oktober 2007, roket Soyus setinggi 50 meter membawa tiga orang astronout, Yury Malenchenko (Rusia), Peggy Whitson (Amerika Serikat), dan Sheikh Muszaphar Shukor (Malaysia). Mereka meluncur di pusat peluncuran ruang angkasa Rusia di Baikonur, Kazakhstan.

Selama 12 hari, Dokter Shukor akan melakukan percobaan sel-sel kanker hati dan leukimia serta kritaslisasi protein di ISS. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk pengembangan pengetahuan di bumi.

Dia juga akan mempelajari efek dari radiasi dan mikro pada sel kanker dan gen manusia di luar angkasa.

Para pejabat Malaysia menggambarkan misi tersebut sebagai tonggak sejarah bagi negara yang tahun ini merayakan tahun ke-50 kemerdekaannya.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved