Berita Banjarmasin

Tak Tanggung-tanggung, Pemko Pasang Wifi Gratis Dibanyak Tempat di Banjarmasin

Tak tangung-tanggung, rencananya wifi yang dipasang berjumlah 10 unit yang tersebar di seluruh area publik di Kota Seribu Sungai Ini.

Tak Tanggung-tanggung, Pemko Pasang Wifi Gratis Dibanyak Tempat di Banjarmasin
Isti Rohayanti
Menara pandang di siring Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN– Tak hanya memasang CCTV di area publik saja. Tahun ini, Pemerintah Kota Banjarmasin bakal memasang Wireless Fidelity (Wifi) gratis di area publik yang ada di Kota Banjarmasin.

Tak tangung-tanggung, rencananya wifi yang dipasang berjumlah 10 unit yang tersebar di seluruh area publik di Kota Seribu Sungai Ini.

Lokasi wifi tersebut yakni di Siring Pierre Tendean tepat di Patung Bekantan, Siring Pierre Tendean, Menara Pandang, Siring Soedirman Taman Nol Kilometer, Taman Kamboja Jalan Anang Adenansi, Kuliner Baiman Jalan Lingkar Dalam Pekapuran Raya, Taman Bermain Ramah Anak di bawah Jembatan Banua Anyar, Mawarug Sungai Jingah.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banjarmasin, Hermansyah, mengatakan pemasang wifi tersebut akan dilakukan pada pekan ini dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Banjarmasin tahun 2018 sebesar Rp 35 juta.

Baca: Ada Apa? Baru 30 Menit Diumumkan Naik, Presiden Jokowi Tunda Kenaikan Harga Premium

Baca: Saat Diperiksa Terkait Kasus Ratna Sarumpaet, Amien Rais Ditantang Polisi Makan Nasi Jamblang

Baca: Pembuktian Tanpa Luis Milla, Timnas Indonesia Tekuk Myanmar: Skor Akhir 3-0, Gol Beto dan Irfan Jaya

Sebenarnya, di Banjarmasin sudah ada beberapa titik wifi. Namun, titik wifi ini tidak gratis. Sedangkan, wifi yang akan dipasang oleh Pemerintah Kota Banjarmasin akan digratiskan untuk warga Banjarmasin. Selain itu, bandwidht ditiap lokasi dipasang sebesar 50 mbps (mega bit per second). Namun untuk taman bermain ramah anak di bawah Jembatan Banua Anyar hanya 10 mbps.

“Kami mencanangkan sebesar itu kapasitas mbps yang bisa diakses. Namun, tak menurut kemungkinan jika akan ada penambahan kapasitas jika penggunananya semakin banyak,” jelasnya.

Warga Banjarmasin, Nurul, mengaku senang dengan wacana pemasangan wifi gratis ini. Apalagi, menurutnya, beberapa daerah sudah menerapkan ini untuk mendukung smart city.

Ia mengaku selama ini wifi gratis yang ada di Banjarmasin hanya ada di Gatot Subroto. Itu pun berada di Kantor Pusat Pemasaran Informasi Hasil Hutan Kalimantan Selatan.

“Kalau fasilitas dari Pemerintah Kota Banjarmasin masih belum ada. Untuk mbps juga perlu ditambah, karena wifi akan menjadi magnet tersendiri bagi pengguna internet,” tuntasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help