Berita Kabupaten Banjar

Ada 15 Kasus Rubella di Kabupaten Banjar, Ikhwansyah: Sudah 44 Ribu Anak Diimunisasi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, saat ini sudah 44 ribu anak yang diimunisasi

Ada 15 Kasus Rubella di Kabupaten Banjar, Ikhwansyah: Sudah 44 Ribu Anak Diimunisasi
hasby
Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dengan MUI Kabupaten Banjar di Gedung Islamic Center Martapura, Kamis (11/10). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten Banjar hingga Oktober 2018 masih berada di bawah peringkat kabupaten lainnya di Kalsel. Cakupan baru sekitar 30 persen dari sasaran yakni sebanyak 153.808 anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah mengatakan, saat ini sudah 44 ribu anak yang diimunisasi MR. Pihaknya terus menggenjot agar cakupan pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten Banjar bisa lebih 95 persen.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar pertemuan dan dengar pendapat dengan MUI Kabupaten Banjar tentang vaksin Measles, campak dan rubella yang berlangsung di Gedung Islamic Center Martapura, Kamis (11/10). Melalui pertemuan ini diharapkan Ikwansyah bisa meningkatkan capaiannya, mengingat tujuan adalah menyelamatkan anak bangsa.

Baca: Usai Gempa Situbondo, Gempa 7,0 Magnitudo Guncang Papua Niugini, Peringatan Tsunami Dicabut

“Pertemuan ini sebenarnya tindak lanjut dari Fatwa MUI Pusat dan silaturahmi dengan MUI Kab Banjar dan mendapat respons positif untuk menggelar diskusi tersebut,” kata Ikwansyah.

Baca: H Syahbandi Lari Keluar Rumah Selamatkan Bayi Kembarnya saat Rumah Bergoyang Hebat

Disebutkannya, untuk bicara kasus campak atau rubella secara klinis ada 94 kasus 2018 di Kabupaten Banjar dan hasil pemeriksaan laboratorim dari dinas kesehatan Provinsi Kalsel yang positif rubella ada 15 orang.

Pihaknya mengharapkan, program nasional ini bisa sukses di Kabupaten Banjar, mengingat menyangkut kesehatan anak cucu terselamatkan dari campak dan rubella. Bahkan Bupati Banjar, H Khalilurrahman menginstruksikan wajib vaksin MR.

Baca: Kenaikan Harga Premium Batal Mendadak, Warga di Martapura Rame Antre BBM Jenis Pertamax

“Kami menghimbau kepada para orangtua yang mempunyai anak, datanglah ke tempat-tempat pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Banjar sebelum 31 Oktober 2018, untuk bisa anaknya mendapatkan vaksin MR gratis,” himbaunya.

Pada pertemuan tersebut hadir Ketua MUI Kabupaten Banjar, KH Fadlan As’ary atau dikenal Guru Fadlan, Kementerian Agama Kabupaten Banjar, pengurus pondok pesantren di Kabupaten Banjar serta pengurus MUI tingkat kecamatan.

Adapun data dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, jumlah imunisasi MR di tiap kabupaten atau kota yakni untuk Kabupaten Banjar sebanyak 153.808 anak, Tanahlaut ditargetkan 92.769 anak. Kemudian Kotabaru 99.604 anak.

Barito Kuala yaitu 83.161 anak dan Tapin 48.510 anak. Sedangkan Hulu Sungai Selatan 61.008 anak dan Hulu Sungai Tengah 70.578 anak. Serta Hulu Sungai Utara yang berjumlah 64.630 anak.

Sedangkan Tabalong yakni 67.957 anak dan Tanahbumbu 99.722 anak. Kemudian untuk Balangan mencapai 36.592 anak dan Kota Banjarmasin menjadi jumlah terbanyak yaitu 176.209 anak. Adapun Kota Banjarbaru mencapai 65.974 anak. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved