Berita Hulu Sungai Tengah

Dihadiri Ulama, Tak Satupun Anggota DPRD HST Ikuti Istighosah Selamatkan Meratus

Pada kegiatan Kamis (11/10/2018) di halaman Masjid Agung Riyadusshalihin yang mereka nilai penting dan patut mendapat dukungan DPRD HST

Dihadiri Ulama, Tak Satupun Anggota DPRD HST Ikuti Istighosah Selamatkan Meratus
Hanani
Istighosah Kamis (11/10/2018) di halaman Masjid Agung Riyadusshalihin HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Panitia penyelenggara istighosah atau doa bersama penyelamatan Meratus dari tambang batu bara, yaitu Gerakan Masyarakat Penyelamat Bumi Murakata (Gembuk) Hulu Sungai Tengah (HST) menyatakan sangat kecewa.

Pada kegiatan Kamis (11/10/2018) di halaman Masjid Agung Riyadusshalihin yang mereka nilai penting dan patut mendapat dukungan DPRD HST sebagai wakil rakyat tersebut, tak satu anggota dewan pun dari total 30 anggota dewan yang hadir.

Padahal, kegiatan yang diselengarakan Gembuk bersam Walhi Kalsel tersebut, mendapat dukungan berbagai kalangan masyarakat yang ikut hadir.

Baca: Paman Birin Menangis di Makam Pangeran Antasari, Lalu Berpesan Begini

Bahkan para ulama dan juga MUI HST serta pemerintah kabupaten HST, dalam hal ini Plt Bupati HST HA Chairansyah turut hadir bersama instansi terkait, yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan serta Badan Penaggulangan Bencana daerah serta aktivis lingkungan di HST dan ormas NU dan Muhammadiyah.

Ketua Gembuk HST Rumli, yang juga Ketua Ketua KTNA HST menyesalkan tidak adanya perwakilan DPRD yang hadir.

Baca: Sebut Jadi yang Kedua Pada Hotman Paris, Shinta Bachir Ngaku Dirinya Korban

Padahal, kata Rumli, pihak panitia sudah menyampaikan undangan resmi ke Kantor DPRD dan ada tanda terima dari pihak sekretariat.

“DPRD itu kan refresentasi dari rakyat, dimana mereka mewakili rakyat HST. Tapi tak satupun yang hadir,”katanya.

Dijelaskan Rumli, kegiatan istighosah bukan gerakan politik dan sama sekali tak ada hubungannya dengan politik.

“Ini murni gerakan masyarakat yang peduli kelangsungan kehidupan di BUmi Murakat yang sifatnya partisifasif,”tambah Ali Fahmi, ketua penyelenggara.

Sementara itu, Ketua MUI HST, KH Wajihuddin Saleh, usai memimpin istighosah doa bersama menyatakan, pihaknya sangat mendukung gerakan dari masyarakat HST dan Walhi Kalsel, untuk menjaga lingkungan HST dari kerusakan dengan menjaga hutan meratus agar tak menimbulkan bencana yang dampaknya merugikan seluruh masyarakat HST.

Baca: Si Cantik Nissa Sabyan Bikin Ribuan Penonton di Banjarbaru Turut Bershalawat

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help