Berita Hulu Sungai Tengah

Masyarakat Gelar Istighosah Menyelamatkan Meratus dari Tambang Batu Bara

Dalam acara itu berbagai kalangan berkumpul memanjatkan doa bersama demi menyelamatkan Meratus

Masyarakat Gelar Istighosah Menyelamatkan Meratus dari Tambang Batu Bara
Istimewa
Hutan Pegunungan Meratus di Kecamatan Batangalai Timur, Hulu Sungai Tengah, yang di lereng pegunungannya merupakan perkampungan masyarakat yang tinggal secara turun temurun. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BARABAI - Ratusan warga Hulu Sungai Tengah (HST) gelar istighosah di halaman Masjid Riadhusshalihin.

Dalam acara itu berbagai kalangan berkumpul memanjatkan doa bersama demi menyelamatkan Meratus dari tambang batu bara. Gerakan ini bagian dukungan penolakan tambang batu bara di HST.

Istighosah sebagai bagian dari usaha penyelamatan Meratus, mendapat dukungan Ulama, pimpinan pondok pesantren dan organisasi keagamaan di HST, diantaranya ketua MUI HST, pimpinan Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

Istighosah dan doa bersama dipimpin oleh KH Mokhtar pengasuh Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih.

Ali Fahmi, ketua pelaksana Istighosah mengatakan, penyelenggaraan acara ini bersifat partisipatif dan tidak ada unsur politis.

Baca: Update Jumlah Pelamar Kemenag RI Pada Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id

"Ini murni gerakan masyarakat yang peduli pada kelangsungan kehidupan di bumi murakata. Mengapa Istighosah, ini adalah langkah yang sesuai dengan ciri masyarakat Kalsel yang damai--menghindari kericuhan aksi massa, ujar Ali Fahmi.

Masyarakat HST mengungkapkan kepedulian pada lingkungan hidup dengan komitmen menolak tambang batu bara di HST, terutama pegunungan Meratus.

Meratus Hulu Barabai, satu-satunya wilayah di Kalsel tanpa tambang batu bara dan perekebunan sawit. Masyarakat dan pemerintah daerahnya tegas menolak kedua industri itu.

Baca: Jadwal Denmark Open 2018 - Marcus/Kevin Jonatan Christie dan Anthony Ginting Main

Saat ini, tambang batu bara mengancam Meratus, pada. 4 September 2017 Kementerian ESDM menerbitkan SK Nomor 441.K/30/DJB/2017 tentang izin operasi produksi tambang batubara untuk PT Mantimin Coal Mining di Kabupaten Tabalong, Balangan, dan HST.

"Di HST SK ini mendapat penolakan, ada 37.000 tanda tangan petisi penolakan tambang batubara di HST,” ujar Rumli, koordinator Gerakan Penyelamat Bumi Murakata (GEMBUK) HST.

Salah satu view alam pegunungan Meratus di Kecamatan Batangalai Timur, Hulu Sungai Tengah.
Salah satu view alam pegunungan Meratus di Kecamatan Batangalai Timur, Hulu Sungai Tengah. (istimewa)
Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved