Berita Banjarmasin

Paman Birin Menangis di Makam Pangeran Antasari, Lalu Berpesan Begini

Hadir dalam acara tersebut seluruh SKPD dilingkungan Pemerintah Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kalsel Burhanuddin

Paman Birin Menangis di Makam Pangeran Antasari, Lalu Berpesan Begini
burhani yunus
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor diapit keturunan Pahlawan Nasional Pangeran Antasari (kanan) dan Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group HG (P) Rusdi Effendi AR, usai melakukan ziarah, Kamis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor tidak kuasa menahan tangis ketika menjadi pemimpin upacara sekaligus pemimpin rombongan ziarah pada peringatan wafatnya Pahlawan Nasional Kalimantan Selatan, Pangeran Antasari pada 1862 lalu di Makam Pahlawan Jalan Malkon Temon Banjarmasin, Kamis (11/10/2018) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut seluruh SKPD dilingkungan Pemerintah Kalimantan Selatan, Ketua DPRD Kalsel Burhanuddin, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazif Fanani, perwakilan Korem 101/Antasari, masyarakat Pangeran Rusdi Effendi AR, para veteran pejuang 1945. Turut hasir juga para buyut Pangeran Antasari.

Kepada wartawan Paman Birin biasa H Sahbirin Noor disapa mengatakan, sosok Pangeran Antasari menjadi teladan tidak hanya saja buat masyarakat dimasanya namun juga teladan buat masyarakat sampai saat ini.

Baca: Sebut Jadi yang Kedua Pada Hotman Paris, Shinta Bachir Ngaku Dirinya Korban

Gubernur mengatakan pada peringatan ini sebuah momentum ingatan masyatakat Kalimantan Selatan, bahwa Kalimantan Selatan memiliki tokoh yang sudah diakui oleh pemerintah Republik Indonesia dan sebagai pahlawan nasional yaitu Pangeran Antasari.

Paman Birin mengatakan, Pemerintah Kalsel ziarah dan melakukan upacara di makam Pangeran Antasari tentu saja bukan sekedar rutinitas tahunan Pemerintah, namun hal ini momentum sangat berharga untuk mengenang kembali kegigihan Pangeran Antasari dalam melawan penjajah.

Dikatakan Paman Birin dengan kepemimpinan yang cerdas, cerdik, alim, patriotisme dan nasionali dan dicintai masyarakatnya menjadi sebuah pembelajaran sejarah untuk diterapkan dalam kehidupan kita dimasa kini maupun dimasa mendatang.

Baca: Si Cantik Nissa Sabyan Bikin Ribuan Penonton di Banjarbaru Turut Bershalawat

Lebih penting lagi, kata Paman Birin saat ini untuk menghayati dan mengamalkan pesan-pesan Pangeran Antasari diantaranya Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing, Maun Handak Tanahbaru kita kada handak dilincai orang jangan becakut papadaan.

Pangeran Rusdi Effendi AR tokoh masyatakat Kalimantan Selatan berharap saat ini agar banua Kalimantan Selatan hendaknya seluruh masyatrakat turut serta membangunan Kalimantan Selatan, terus memiliki sikap haram waja sampai kaputing dan jangan bacakut bapadaan.

Baca: Update Jumlah Pelamar Kemenag RI Pada Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id

"Mari kita berjuang untuk kemajuan masyatakat Kalimantan Selatan", kata HG (P) Rusdi Effendi AR yang juga Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group ini.

Dalam acara tersebut Gubernur Kalimantan Selatan memberikan penghargaan kepada keturunan Pangeran Antasari.

Aminulloh keturunan ketiga Pangeran Antasari mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemerintah Kalimantan Selatan yang tiap tahun memperingati keberadaan Pangeran Antasari.

"Saya hanya mengucapkan terima kasih saja," kata Amunulloh yang saat ini berdomisili di Bogor. (buy)

Penulis: Burhani Yunus
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help