ULM Menuju Akreditasi A

Sutarto Hadi Klaim Punya Modal B Gemuk, ULM Siap Raih Akreditasi A

Saat ini untuk akreditasi program studi (Prodi) sudah 20 prodi yang terakreditasi A. Meninggat dari sebelumnya yang jumlahnya hanya 19.

Sutarto  Hadi Klaim Punya Modal B Gemuk, ULM Siap Raih Akreditasi A
capture/BPost Edisi cetak
Banjarmasin Post Edisi Cetak Kamis (11/10/2018) Halaman 9 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Sutarto Hadi terus melakukan pembenahan kelembagaan demi mengejar akreditasi A, dari saat ini masih di posisi B gemuk. Guru besar ilmu matematika ini berharap bisa mengejar akreditasi A hingga akhir 2018 ini.

"Masih menunggu visitasi. Mudah-nudahan akhir tahun ini. Isya Allah dapat A. Mohon doa dan dukungannya," kata Sutarto Hadi saat dihubungi BPost, Rabu (10/10).

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini untuk akreditasi program studi (Prodi) sudah 20 prodi yang terakreditasi A. Meninggat dari sebelumnya yang jumlahnya hanya 19.

"Jumlah doktor sudah lebih 30 persen, sedangkan publikasi dan paten semakin banyak. Termasuk kerjasama international. Ini modal yang cukup kuat untuk meraih akreditasi A seperti yang diharapkan semua pihak," tegasnya.

Baca: Jadwal Denmark Open 2018 - Marcus/Kevin Jonatan Christie dan Anthony Ginting Main

Baca: Shinta Bachir Buat Pengakuan Pada Hotman Paris, Jadi Istri Siri Jenderal Bintang Dua?

Menurut Sutarto Hadi, terkait soal akreditasi, setahun kedepan bisa diharpkan sampai 25 yang program studinya A. Dia juga menyinggung di Era revolusi Industri 4.0, menuntut perkembangan teknologi dan moderenisasi kampus termasuk dari segi pembelajaran. Karena itu upaya kampus juga akan mengembangkan pembelajaran dalam jaringan (daring) atau pembelajaran online.

"Kami di ULM juga sudah merancang itu target kita dosen paling tidak 75 persen bisa memiliki konten pembelajaran secara online. Kita di rektorat akan buatkan SK, bagi dosen yang membuat daring akan diberikan Rp 7,5 juta. Itulah komitmen kami untuk mendorong dan memotifasi dosen-dosen untuk semakin antusias berrevolusi dan kreatif dalam pembuatan pembelajaran," kata dia.

Guru besar matematika tersebut merasa IT di ULM dan piranti yang ada sudah cukup memadai untuk penerapan pembelajaran berbasis daring. "Server dan jaringan perkuliahan daring juga bisa diterapkan. Inilah PR untuk kedepan," kata dia.

Sutarto kian tambah semangat dan yakin dengan pembangunan kampus ULM yang saat ini tengah berjalan. "Saat ini sudah pembangunan infrastruktur. Sudah menjadi fokus utama dan ini tentu akan menjadi nilai tambah bagi ULM untuk memperbaiki diri termasuk dari sekgi akreditasi. Tentunya perlu kerja bersama perlu dukungan civitas akademika yang ada, tidak terkecuali dari dukungan IKA ULM," terangnya.(nurholis huda)

Standard Akreditasi
* Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian
* Tata pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan mutu
* Mahasiswa dan Lulusan
* Sumber daya manusia
* Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik
* Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi
* Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama

Baca Lebih Lengkap di Harian Banjarmasin Post dan ePaper Bpost Edisi Kamis (11/10/2018)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved