Berita Hulu Sungai Selatan

Ketika Kepala Desa Belajar Berkebun Stroberi di Desa Pandan Rejo

Kegiatan edukasi ini dilaksanakan oleh PT Antang Gunung Meratus (AGM) dengan membawa para kepada desa

Ketika Kepala Desa Belajar Berkebun Stroberi di Desa Pandan Rejo
Istimewa
Suasana di Kebun Stroberi Desa Pandan Rejo. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Sejumlah kepada desa yang ada di Kecamatan Padang Batung dan Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mempelajari cara berkebun stroberi di Desa Pandan Rejo Kecamatan Bumi Aji Kabupaten Kota Batu, Jawa Timur.

Kegiatan edukasi ini dilaksanakan oleh PT Antang Gunung Meratus (AGM) dengan membawa para kepada desa yang berada di reng satu lokasi pertambangan baik di wilayah Kabupaten HSS dan Kabupaten Tapin dengan tujuan studi banding edukasi ke daerah Malang, Jawa Timur, 11-14 Oktober.

Satu di antaranya edukasi mempelajari cara berkebun stroberi di Desa Pandan Rejo Kecamatan Bumi Aji kabupaten Kota Batu Jawa Timur.

Baca: Peninggalan Kolonial yang Jadi Penyelamat saat Kabut dan Badai di Perairan

Kedatangan mereka disambut Abdul Manan selaku Kepala Desa Pandan Rejo, Kamis, (11/9). Dia menjelaskan dengan kondisi desanya dan informasi terkait dengan kebun stroberi yang mulai dirintis dalam beberapa tahun terakhir.

"Membudidayakan tanaman stroberi merupakan program bumdes untuk mengangkat perekonomian masyarakat desa," katanya.

Baca: Kehausan Penumpang Taksi Online Ambil Minuman Gratis, Ternyata Isinya Kencing Sang Sopir

Pihaknya juga mengembangkan kebun stroberi sebagai wisata petik stroberi untuk menarik minat pengunjung ke desanya.

Para kepada desa dari Kabupaten HSS dan Tapin ini juga berkesempatan melihat secara langsung budidaya tanaman stroberi di Kebun yang dikelola oleh Bumdes Desa Pandan Rejo.

Mereka melihat dan belajar bagaimana cara menanam stroberi dan apakah bisa diterapkan di wilayah Kabupaten HSS dan Tapin.

Baca: Gurunya Dituduh Doktrin Anti-Jokowi, Siswa SMAN 87 Jakarta Demo: Kami Kecewa!


Comdev & CSR Dept. Head PT AGM Syamsul Bahri mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk menambah wawasan dari kepala desa yang mengikuti kegiatan edukasi.

"Kita berharap, kegiatan ini nantinya para Kades bisa mendorong masyarakat berinisiatif mengembangkan koperasi dan industri rumah tangga yang mendukung perekonomian dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)," katanya, Jumat, (12/10).

Camat Padang Batung Akhmad Suriani mengatakan pihaknya akan mencoba menggali ilmu yang bisa diterapkan nantinya di sejumlah desa di Kecamatannya. Baik dari segi berkebun, pengolahan hasil kebun hingga pemasarannya. (Rian).

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help