Berita Hulu Sungai Tengah

Korban Kebakaran di Birayang dan Manjang Terima Bantuan Pemkab HST, Sekda Puji Kinerja Relawan BPK

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyerahkan bantuan langsung kepada korban kebakaran di Birayang

Korban Kebakaran di Birayang  dan Manjang Terima Bantuan  Pemkab HST, Sekda Puji Kinerja Relawan BPK
istimewa/ HUMAS PEMKAB HST
Sekda HST saat memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Birayang, Batangalai Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyerahkan bantuan langsung kepada korban kebakaran di Birayang, Kecamatan Batangalai Selatan dan di Jalan Keramat Manjang, Barabai, yang mengalami kehilangan tempat tinggal di hari yang sama, yaitu Minggu malam, 7 Oktober 2018 lalu.

Bantuan berupa sembako, air kemasan, tas sekolah, kelambu dan sarung, serta keperluan rumah tangga lainnya tersebut diserahkan Sekda HST HM Tamzil, dan langsung diterima para korban, yang kini masih mengungsi dengan tinggadi rumah keluarga masing-masing. Kabag Humas Pemkab HST Ramahdhan, Jumat (12/10/2018) menjelaskan penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan kepala desa maupun ketua Rt masing-masing.

Selain menyerahan bantuan dari Pos BPBD HST, juga dilaksanakan kerja bakti membersihkan puing sisa rumah yang terbakar oleh masyarakat, bersama forum komunikasi pimpinan kecamatan. Selain mendapatkan sembako dan perlengkapan lainnya , korban juga akan mendapatkan bantuan berua uang tunai.

Baca: Tips Sukses Unggah Ulang Dokumen Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id yang dirilis BKN

Baca: Jadwal & Klasemen MotoGP Jepang 2018 Live Trans 7, Marquez Berburu Rekor Valentino Rossi

“Untuk bantuan uang tunai, diselesaikan melalui Dinas Sosial HST. Saat ini masing menghitung jumlah kerugian dan verifikasi jumlah rumah yang terbakar total, maupun yang tak terbakar total atau hanya sebagian berdasarkan prosentasi,” Ramadhan.

Menurut data di Pos Pantau BPBD HST, musibah kebakaran pertama itu terjadi pukul 22.00 Wita di Jalan Kesuma Bangsa Birayang.  

Belum padam 100 persen di lokasi tersebut musibah kebakaran kembali terjadi pukul 23.00  di jalan Keramat Manjang Barabai, tepatnya di belakang los pasar ikan Pasar Hanyar Barabai.

Untuk di Birayang, ada enam keluarga kehilangan tempat tinggal, dan satu kantor panwascam juga terbakar sebagai sumber asal api. Sedangkan di Manjang, ada sembilan keluarga yang rumahnya terbakar.

Sekda HST HM Tamzil menyampaikan apresiasi terhadap para relawan BPK yang tergabung dalam Balakar 654 Murakata, serta relawan BPK lainnya dari luar daerah, seperti HSS dan HSU yang ikut membantu menurunkan tim mereka ke HST.

Sekda pun memuji kinerja para relawan BPK, yang menurutnya dengan tulus ikhlas membantu pemadaman api, hingga api tak sampai menyebar lebih luas.

Baca: Resmi, Sanksi untuk Khabib Nurmagomedov dan Conor McGregor dari UFC, Ada Larangan Bertarung!

Baca: Toleransi PSSI Soal Sanksi Arema FC dan Persib Bandung oleh Komdis PSSI di Liga 1 2018

“Perjuangan dan pengorbanan mereka, baik dari sisi tenaga maupun waktu, bahkan mungkin materi harus kita apresiasi,” kata Sekda.

Akhmad Tamzil pun mengimbau, selama musim kemarau  warga harus lebih berhati-hati saat  meninggalkan rumahnya.

Sebelum meningalkan rumah, atau saat hendak tidur, sebaiknya mengecek  dapur, maupun sambungan listrik dengan memastikan tak ada kompor yang masih menyala, dan sambungan listrik yang tak terpakai agar dicabut dari kontaknya.

“Khusus untuk anggota relawan BPK, baik dari Balakar, Tagana, yang selalu merespon cepat atas terjadinya musibah kebakaran, agar berhati-hati  dalam perjalanan maupun saat memadamkan api. Utamakan keselamatan sendiri diri sendiri juga,”pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved