Berita Tanahlaut

KPU Tanahlaut: Satu Desa Dibatasi Lima Baliho dan 10 Spanduk Calon Legislatif

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut sudah menerima surat edaran dari KPU Pusat

KPU Tanahlaut: Satu Desa Dibatasi Lima Baliho dan 10 Spanduk Calon Legislatif
Mukhtar Wahid
Satu baliho calon legislatif di Jalan Wisata Air Terjun Bajuin, Desa Sungaibakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanahlaut, Sabtu (13/10/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pemasangan alat peraga kampanye berupa baliho dan spanduk calon legislatif peserta pemilu 2019 dibatasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut sudah menerima surat edaran dari KPU Pusat yang isinya hanya lima baliho dan sepuluh spanduk dipasang di setiap wilayah Desa.

Menurut Arif Mukhyar, pemasangan lima baliho calon legislatif itu berlaku bagi setiap partai politik peserta pemilu. Begitu juga dengan pemasangan sepuluh spanduk.

Baca: KLIK Link Ini! Live Streaming RCTI Timnas U-19 Indonesia vs Yordania, Indra Sjafri Ingin Menang

"Rencananya akan segera kami sosialisasikan kepada partai politik peserta pemilu, termasuk jumlah penambahan baliho dan spanduk kampanye selain yang difasilitasi KPU Kabupaten Tanahlaut," katanya.

Arif Mukhyar mengatakan peserta pemilu 2019 adalah partai politik, maka calon legislatif harus berkoordinasi dengan partai politik jika melakukan pemasangan.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming RCTI Timnas U-19 Indonesia vs Yordania Piala Asia U19 2018

"Artinya kalau dalam satu wilayah Desa itu sudah ada baliho calon legislatif DPR RI, Kemudian calon DPRD Provinsi. Artinya jatah baliho tinggal tiga di desa tersebut. Tidak boleh lebih," katanya.

Aturan tentang jumlah baliho dan spanduk peserta Pemilu 2019 di satu wilayah desa itu diakui Arif Mukhyar baru diterbitkan KPU Pusat.

"Kalau lebih memasang itu sudah urusan Bawaslu Kabupaten Tanahlaut. Ketentuannya hanya boleh lima baliho dan 10 spanduk," kata Ketua KPUKabupaten Tanahlaut, Arif Mukhyar dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (13/10/2018).

Baca: 80 Persen Penduduknya Lansia, Misgi Pun Bangun Ini Agar Lansia Sehat dan Bahagia

Sementara pantauan reporter Banjarmasinpost.co.id, calon legislatif dari Kabupaten Tanahlaut sudah memasang baliho kampanye di setiap desa.

Letak baliho di sisi jalan Kabupaten dan mudah terlihat serta di depan rumah warga yang diminta calon tersebut mengawasi selama tahapan kampanye pemilu 2019 berlangsung.

"Saya hanya diminta mengawasi dan memperbaiki kalau rusak. Kebetulan calon legislatif itu saya kenal," kata Jani, warga Desa Sungaibakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanahlaut. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved