Lapor Mang

Nomor Pelat Beda dengan di BPKB, Harusnya Polisi yang Menyelesaikan

Kepada pihak terkait mohon penjelasannya. Saat pergantian/perubahan BPKB sebaiknya BPKB yang lama (aslinya) diserahkan.

Nomor Pelat Beda dengan di BPKB, Harusnya Polisi yang Menyelesaikan
kompas.com
Buku Pemilik Kendaraan Bermotot (BPKB) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, HULU SUNGAI SELATAN -Kepada pihak terkait mohon penjelasannya. Saat pergantian/perubahan BPKB sebaiknya BPKB yang lama (aslinya) diserahkan. Karena, dalam penyelesaian pergantian STNK kami yang baru roda dua merk Honda di kantor Samsat Kandangan.

Kami diminta menyelesaikanya dengan mengurusi di Banjarbaru dan selanjutnya ke Polda Kalsel, karena nomor plat kendaraan kami tersebut sekarang tidak sesuai lagi dengan yang tercantum dalam BPKB. Padahal kami tidak pernah ada memohon/meminta perubahan nomor plat kendaraan.

Sebagai saran kami, kalau perubahan nopol plat kendaraan itu merupakan program dari kepolisian sebagai langkah pengaturan nomor plat kendaraan yang disesuaikan dengan merk kendaraan, sebaiknya dari kepolisian yang menyelesaikannya, bukanya pemilik kendaraan.

Pemilik kendaraan roda 2 dan 4 cukup diminta menyerahkan BPKB yang lama (aslinya) di kantor Samsat. Selanjutnya dalam waktu yang ditentukan pemilik kendaraan akan menerima BPKB yang baru. Demikian, atas tanggapannya terima kasih. 08115005422

TANGGAPAN:
ASSALAMAUALAIKUM wrwb. Terimakasih atas tanggapan dan saran masukan kepada kami. Ijin kami jelaskan, berdasarkan Pasal 27 Ayat (1) UUD 1945 “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.”

Tiap warga wajib mengikuti peraturan yang ada di dalam Peraturan tentang Registrasi kendaraan bermotor sebagaimana yang diatur dalam Pasal 15 ayat 2 huruf b UU 2 Tahun 2002 tentang Polri yaitu Polri menyelenggarakan Regident Ranmor, PERKAP Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan bermotor pada pasal 64 sampai dengan pasal 66 yang mengatur tentang Prosedur Regident Perubahan BPKB serta KEP Kakorlantas Polri nomor: KEP/62/XII/2016 tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor.

Guna mempermudah pengidentifikasian ranmor maka perlu diadakan pengaturan nomor kendaraan, sesuai dengan jenis dan merek kendaraan yang dimiliki sesuai dengan fungsi dan tujuan Registrasi dan Identifikasi Kendaraaan bermotor.

BPKB adalah bukti kepemilikan dan alat hak kendaraan bermotor, yang keamanan dari BPKB tersebut sangat penting dan memiliki nilai ekonomis, sehingga agar tidak terjadi penyalahgunaan bila diserahkan kepada orang lain selain pemilik, maka untuk keamanan, pengurusan BPKB tersebut langsung dikerjakan pemilik kendaraan bermotor.

Demikian penjelasan kami, dan terimakasih atas saran masukan sehingga kami bisa meningkatkan Pelayanan Kepolisian. Wassalamualaikum wrwb.

KOMPOL HENRY N CHANDRA SIK MH
Kasi BPKB Polda Kalsel

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved