Berita Kalteng

157.743 KK Daerah Terpencil Belum Teraliri Listrik, Ini Yang Dilakukan Pemprov Kalteng

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendata ada sebanyak 157.743 rumah tangga yang tinggal di daerah terpencil

157.743 KK Daerah Terpencil Belum Teraliri Listrik, Ini Yang Dilakukan Pemprov Kalteng
banjarmasin post group/ faturahman
Sejumlah desa yang belum masuk jaringan listrik PLN, warga desanya hanya diberikan PLTS untuk penerangan. PLTS juga diberikan untuk pembangkit listrik lampu lalu lintas, agar tidak padam saat PLN Padam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendata ada, hingga Minggu (14/10/2018) sebanyak 157.743 rumah tangga yang tinggal di daerah terpencil belum mendapat penerangan di Kalteng.

Data yang terhimpun dari Dinas ESDM Kalteng tercatat, kondisi kelistrikan desa di Kalteng hingga saat ini terdapat 1.573 desa dengan jumlah KK mencapai 693.663 sedangkan desa yang sudah dapat menikmati listrik mencapai 1.348 (85,70 persen).

Sedangkan untuk KK yang sudah memiliki listrik mencapai, 535.920 KK atau dengan rasio elektrifikasi mencapai (77,26 persen).Saat ini masih ada sebanyak 231 desa dengan jumlah rumah tangga mencapai, 157.743 KK yang belum berlistrik.

Ratusan ribu kepala keluarga yang tinggal di daerah pelosok tersebut,, karena selama ini tidak ada jaringan PLN ,saat ini hanya mengandalkan lampu seadanya, terutama lampu emergency maupun lampu penerangan lainnya seperti lampu teplok.

Baca: Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Lebak Banten Provinsi Jawa Barat, BMKG : Tak Berpotensi Tsunami

Baca: Jadwal Siaran Langsung MotoGP 2018 di Trans 7, MotoGP Jepang 2018 di Sirkuit Motegi

"Kami tinggal di pinggiran sungai di Danau Tundai Palangkaraya, yang selama ini memang belum ada jaringan listrik, selama ini penerangan, hanya pakai petromax atau lampu teplok," ujar Andi Imran, salah satu warga bantaran Sungai Kahayan, Palangkaraya.

Masalah kelistrikan yang belum terbangun dipinggiran Kalteng tersebut, juga sudah diungkapkan melalui rapat paripurna DPRD Kalteng, yang mempertemukan pihak Pemprov Kalteng maupun pihak DPRD Kalteng dan sampai saat ini masih dalam pembahasannya.

Sementara , Sekdaprov Kalteng, Fahrizal Fitri, mengakui hingga saat ini memang masih ada Saat ini masih ada sebanyak 231 desa dengan jumlah rumah tangga mencapai, 157.743 KK yang belum berlistrik.

Baca: Live Streaming Indosiar - Live Streaming PSM Makassar Vs Arema FC Liga 1 2018 Live Indosiar Sore Ini

Baca: Live Streaming Indosiar - Live Streaming Madura United Vs Persija Jakarta Liga 1 2018 Malam Ini

"Karena belum ada jaringan listrik PLN yang menjangkaunya sehingga
kami mengusahakan memberikan mereka pembangkit listrik tenaga surya yang terpusat maupun yang mandiri untuk masing-masing KK yang menggunakan dana APBD," ujar Pj Sekda.

Masalah ini juga sempat di bahas Pemprov Kalteng dengan manajemen PLN Kalselteng di Aula Eka Hapakat Pemprov Kalteng, dan diakui GM PLN Kalselteng, bahwa belum semua desa di Kalteng yang masuk jaringan PLN sehingga penerangan menggunakan PLTS atau pembangkit mandiri. 

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help