Berita Banjarmasin

Masyarakat Kalsel Antusias Ikuti Festival Balogo dan Bagasing

Kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi telah mengantarkan masyarakat kepada era baru, yaitu era digital.

Masyarakat Kalsel Antusias Ikuti Festival Balogo dan Bagasing
banjarmasin post group/ airul syarif
Foto airul syahrif Para peserta balogo saat hendak memulai permainan. Festival Balogo dan Bagasing Paman Birin Cup, di eks Kantor Gubernur Kalsel atau Jalan Jendral Sudirman, Banjarmasin, Minggu (14/10/2018) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi telah mengantarkan masyarakat kepada era baru, yaitu era digital.

Di samping perkembangan zaman era digital, permainan tradisional anak-anak semakin tergerus.

Maka dari itu Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan gelar Festival Balogo dan Bagasing Paman Birin Cup, di eks Kantor Gubernur Kalsel atau Jalan Jendral Sudirman, Banjarmasin, Minggu (14/10/2018) pagi.

Kabid Pembudayaan Olahraga, Dispora Kalsel, Yuyu Rahmad Mulyana mengatakan bahwa kegiatan festival ini dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing masyarakat untuk terus melestarikan warisan budaya.

Baca: Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Lebak Banten Provinsi Jawa Barat, BMKG : Tak Berpotensi Tsunami

Baca: BKN Sarankan Cek Syarat dan Dokumen H-1 Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka visi misi Paman Birin. Mengolahragakan masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing mereka. Tidak hanya olahraga prestasi, dan pendidikan, tetapi juga olahraga permainan tradisional. Kegiatan ini juga diikuti masyarakat Kalsel dengan antusias yang tinggi," terangnya pada banjarmasinpost.co.id, Minggu (14/10/2018) pagi.

Lomba balogo kali ini diikuti sekitar 200 peserta. Dalam kategori umum dan pelajar. Sedangkan lomba gasing, diikuti oleh 100 orang peserta.

Kegiatan lomba ini rencananya akan rutin dilakukan setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya.

Baca: Kritikan Andi Arief ke Prabowo Subianto di Pilpres 2019 Berbuntut Panjang, Partai Demokrat Bersikap

Baca: Hasil Akhir Timnas U-19 Indonesia vs Yordania Piala Asia U-19 2018 : Skor 3-2, Diwarnai Gol Indah

"Kami mencoba melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan setiap tahun. Di samping untuk melestarikan dan mengembangkan warisan budaya, nantinya juga akan diikutkan dalam perlombaan berskala nasional," tutur Yuyu Rahmad Mulyana.

Peserta balogo dan bagasing kali ini diikuti dari beberapa daerah di Kalimantan Selatan. Di antaranya yaitu dari Kabupaten Tapin, Banjar, Batola, Banjarmasin, Balangan, Hulu Sungai Selatan, dan lainnya.

Terlihat para peserta turut antusias dalam mengikuti kegiatan. Wajah penuh konsentrasi sesekali terlihat dari para pemain balogo. Setelah itu hilang dengan senyum dan canda tawa.

(banjarmasinpost.co.id/airul syahrif)

Penulis: Airul Syahrif
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help