Berita HST

Plt Bupati HST Namai  Nur Rohman Musala Desa Awang, Sasaran Tambahan TMMD ke 103 /2018

TMMD mulai dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Kodim 1002 Barabai, Senin (15/10/2018) dan akan berakhir 13 Nopember 2018 mendatang

Plt Bupati HST Namai  Nur Rohman Musala Desa Awang, Sasaran Tambahan TMMD ke 103 /2018
HO/TMMD
Plt Bupati HST H Chairansyah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Musala Nur Rohman yang akan dilanjutkan dalam program TMMD 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) mulai dilaksanakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Kodim 1002 Barabai, Senin (15/10/2018) dan akan berakhir 13 Nopember 2018 mendatang.

Program tersebut dibuka oleh Plt Bupati Hulu Sungai Tengah, HA Chairansyah pada upacara di Lapangan Ilung, Kecamatan Batangalai Utara (BAU) Hulu Sungai Tengah, disaksikan masyarakat dan tamu undangan serta unsur Forkominda HST dan Forkomincam.

Usai meresmikan Program TMMD ke 103/2018, Komandan Satgas, yang juga Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein bersama Liaison Officer dari Kodam VI Mulawarman, Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi, Bupati HST, serta unsur Forkominda mengunjungi lokasi sasaran program, yaitu Desa Awang.  Jarak Ilung, ke Desa Awang 2,1 kilometer , melewati jalan yang sedang dibangun tim Satgas dan masyarakat.

Meskipun masih ada beberapa titik masih becek,eks jalan usaha tani tersebut sudah bisa dilewati kendaraan roda empat. Selain memantau proyek jalan, juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan musala di Desa Awang, oleh HA Chairansyah. Selanjutnya, secara bergiliran oleh unsur Forkominda.

Baca: Pelamar CPNS 2018 Balangan Diprediski Mencapai Seribuan, 775 Orang Daftar di Sscn.bkn.go.id,

Sebelumnya Dandim  menjelaskan, pembangunan musala merupakan sasaran tambahan, dimana tanahnya hibah dari masyarakat. Sedangkan bahan bangunanannya dari dana pribadi Dandim, pembangunannya dilaksanakan secara gotong royong. “Mengapa harus dibangun musala ini, karena fasilitas ini sangat dibutuhkan masyarakat yang belum memiliki tempat ibadah,”jelas Nur Rohman.

Prajurit Kodim 1002 Barabai membuat siring jalan dalam program TMMD di HST
Prajurit Kodim 1002 Barabai membuat siring jalan dalam program TMMD di HST (HO/TMMD)

Tokoh masyarakat, Jailani Mahmud menyatakan, sangat berterimakasih dengan jajaran TNI, khususnya Dandim yang merealisasikan kebutuhan penting tersebut. “Kami tak bisa melukiskan dengan kata. Yang jelas selama ini kalau mau salat wajib berjamaah, kami harus menempuh jarak sekitar dua kilometer, mencari musala terdekat,”tuturnya.

Sementara,Chairansyah pada kesempatan itu memberikan nama untuk Musala tersebut, yaitu Nur Rohman. “Artinya cahaya kasih yang diambil dari  nama Dandim sendiri yang punya kepedulian terhadap fasilitas ibadah di desa ini. Ini sangat bermanfaat bagi warga, dan selamanya akan menjadi amal jariah bagi Pak Dandim,”kata Chairansyah.

Baca: Selesai Proses Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id, Pelamar di Kementerian Wajib Lakukan Ini

Kegiatan TMMD, katanya seperti sebelumya, sangat membantu Pemkab HST  membangun daerah pelosok yang belum tersentuh, dimana akses jalannya belum terbuka. Karena itu sudah selayaknya Pemkab HST memberi support. Diakui Desa Awang selama ini cukup terisolasi karena masalah jalan. “Akses jalan yang sudah terbuka diharapkan meningkatkan perekonomian warga di sini,”katanya.      

Sunatan massal dalam rangka program TMMD di Barabai HST
Sunatan massal dalam rangka program TMMD di Barabai HST (HO/TMMD)

Selain menyasar program fisik, berupa pengerasan jalan, pembuatan siring, pemasangan gorong-gorong serta rehab tiga unit rumah warga yang tak layak huni, juga dilakukan rehab sebuah musala di sekitar Desa Awang yang sudah mengalami kerusakan. Sedangkan proyek non fisik berupa pembinaan dan penyuluhan-penyuluhan. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved