Berita HST

TMMD ke-103 Kodim 1002 Barabai Dibuka, Satgas Anggota TNI Gelar Aneka Kegiatan Sosial

Kodim 1002 Barabai, meresmikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun anggaran 2018, Senin (15/10/2018).

TMMD ke-103 Kodim 1002 Barabai Dibuka, Satgas Anggota TNI Gelar Aneka Kegiatan Sosial
Banjarmasinpost.co.id/hanani
Pelepasan Balon, pada peresmian dimulainya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 2018 di Lapangan Ilung Kecamatan Batangalai Selatan, HST, Senin (15/10/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Barabai'>Kodim 1002 Barabai meresmikan program TNI  Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun anggaran 2018, Senin (15/10/2018). Pembukaan program tersebut dilaksanakan di lapangan terbuka Ilung, Kota Kecamatan Batangalai Utara, Hulu Sungai Tengah sejakpukul 09.00 Wita.

Sedangkan desa yang menjadi sasaran kegiatan TMMD, adalah Desa Awang, di kecamatan yang sama. Seremonial pembukaan, dilaksanakan melalui upacara dengan inspektur upacara Plt Bupati HST HA Chairansyah,  peserta upacara anggota Barabai'>Kodim 1002 Barabai, Bataliyon 621 Manuntung, anggota Polres HST, Satpol PP dan unsur masyarakat.

Pembukaan juga dihadiri Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, Danyon 621 Manuntung, Letkol Inf Rio Neswan, Kajari HST Wagiyo Santoso, Wakil Ketua DPRD HST Tajudin, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan.Hadir pula, perwakilan dari Kodam VI Mulawarman, Kolonel Laut (P) Daniel Mudji Rahadi, selaku Liaison Officer.  Pada kesempatan itu, Komandan Satuan Tugas TMMD ke 103, yangjuga Dandim 1002 Barabai, Letkol Infanteri Nur Rohman Zein melaporkan, ada sejumlah sararan fisik maupun non fisik yang dibangun di Desa Awang.

Baca: Selain Bangun Musala, TMMD Kodim 1002 Barabai Juga Sumbang Tanah Pemakaman  

Baca: Plt Bupati HST Namai  Nur Rohman Musala Desa Awang, Sasaran Tambahan TMMD ke 103 /2018

Ditergetkan, kegiatan tersebut selesai  13 Nopember 2018 mendatang. Sasaran fisik meliputi pembangunan siring kiri dan kanan jalan sepanjang 2,1 kilometer dan lebar 5,5 meter. ‘Selain membangun siring, juga melakukan pengerasan dan pelebaran dengan ketebalan 20 sentimeter di sepanjang 2,1km jalan tersebut. Selanjutnya, memasang gorong-gorong diameter 60 sentimeter x5,6  meter di enam titik,”jelasnya.

Disebutkan pekerjaan tersebut dilaksanakan anggota Satgas dengan bergotong royong bersama masyarakat setempat. Sasaran fisik lainnya adalah melakukan rehab tiga unit rumah tak layak huni, dan rehab satu unit musala.

Untuk kegiatan nonfisik, berupa penyuluhan KB, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pertanian/perkebunan, penyuluhan perikanan , penyuluhan UU LaluLintas , penyuluhan narkoba, karhutla, bela negara, Siskamling, serta sosialisasi perekrutan prajurit TNI.

Sementara, untuk melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik tersebut, didukung anggota Satgas. Terdiri 15 panitia, 110 peserta/petugas, 13 pendukung, dari Pemkab HST tujuh orang dari Polres HST lima orang dan dari masyarakat 100 orang hingga total 250 orang. Nur Rohman menyebutkan, kegiatan tersebut mendapat dukungan dana dari APBD  Pemkab HST senilai Rp  1. 705.600. 05.

Baca: Peluru Kenai Jilbab Staf Bambang Heri Purnama, Ini Fakta Dugaan Penembakan Ruang Anggota DPR RI

Baca: NEWSVIDEO : Paman Birin Resmikan Kantor Pusat Pemasaran Hasil Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel

Sebelum upacara selesai, dilakukan penyerahan sumbangan sejumlah bola untuk sarana olahraga sepak bola warga setempat, serta  sejumlah paket sembako. Kegiatan pembukaan TMMD di akhiri dengan pelepasan balon ke udara oleh unsur Forkominda HST, disaksikan undangan dan masyarakat setempat.

Selanjutnya rombongan memantau kegiatan sunatan massal, Kegiatan Kontrasepsi serta Pengobatan gratis untuk warga setempat. Dilanjutkan melihat langsung hasil kegiatan pembangunan fisik jalan  di Desa Awang, di mana sedang dilaksanakan pengerasan jalan dan pemasangan siring, dan pelebaran jalan di desa tersebut.  (banjarmasinpost.co.id/hanani )

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved