Berita Kabupaten Banjar

Andalkan Kaligrafi dan Tilawah, Pemkab Banjar Siapkan Rp 225 Juta untuk Juara MTQ Provinsi 2018

Ia yakin kafilahnya kelak mampu menorehkan hasil terbaik pada ajang religius tahunan tersebut. MTQ provinsi tahun ini digelar di Kota Tanjung,

Andalkan Kaligrafi dan Tilawah, Pemkab Banjar Siapkan Rp 225 Juta untuk Juara MTQ Provinsi 2018
Banjarmasinpost.co.id/idda royani
Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Banjar kian mengintensifkan persiapan kontingen menghadapi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-31 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018. Mereka optimistis mampuh meraih prestasi gemilang.

"Semua cabang dan nomor lomba kami ikuti. Dari tujuh cabang lomba, ada tiga cabang yang kami andalkan yakni tilawah, kaligrafi, dan hafidz," sebut Ketua LPTQ Banjar H Saidi Mansyur, Rabu (17/10).

Ia yakin kafilahnya kelak mampu menorehkan hasil terbaik pada ajang religius tahunan tersebut. MTQ provinsi tahun ini digelar di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, 2-9 November 2018 mendatang.

Sebanyak 48 orang yang akan diterjunkan mengikuti MTQ tersebut. Dalam beberapa hari mendatang mereka akan menjalani training center (TC) di Asrama Haji Kalsel di Banjarbaru.

Baca: Jadwal MotoGP Jepang 2018 Live Trans7 - Pesta Marc Marquez Bisa Ditunda oleh Tim Ducati?

"Mereka akan diinapkan di sana (Asrama Haji) selama tiga hari mulai Jumat malam lusa. Selama di sana semuanya akan menjalani pemantapan kemampuan sesuai cabang dan nomor lomba masing-masing," ucap Saidi.

Sebelumnya, lanjut orang nomor dua di Kabupaten Banjar ini, mereka yang berprestasi juga telah menjalani pelatihan secara intensif di luar daerah. Di antaranya di Jakarta, Sukabumi, dan Yogyakarta.

"Jadi, pembinaan yang kami lakukan sudah cukup memadai. Semoga mereka nanti mampu mengharumkan daerah, setidaknya posisi Kabupaten Banjar bisa mempertahankan prestasi pada MTQ provinsi sebelumnya," tandas Saidi.

Dikatakannya, selama ini Kabupaten Banjar hampir selalu menempati peringkat kedua setelah Kota Banjarmasin. Ia juga optimistis pada MTQ tahun ini mampu mempertahankan posisi itu, bahkan diupayakan bisa menaikkan peringkat.

Terlepas dari peringkat, Saidi menargetkan setidaknya ada lima orang yang akan mewakili Kalsel ke MTQ nasional berikutnya. "Pada MTQ sebelumnya kita bisa mengirim lima orang. Nah, pasa MTQ nasional berikutnya kami upayakan bisa mengirim lebih banyak lagi," tegasnya.

Baca: Selebrasi Egy Cs Dipuji Jelang Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan di Piala AFC U-19 2018 Live RCTI

Guna memacu semangat kafilahnya, pihaknya akan mentiapkan dana segar senilai Rp 225 juta. Dana ini akan diberikan sebagai hadiah bagi yang berprestasi atau meraih juara.

Optimisme Saidi tersebut sekaligus mencerminkan tingginya semangat kafilah dari Banjar. Mereka umumnya juga yakin bakal mampu meraih prestasi gemilang.

"Insha Allah ya, mohon doanya. Hal terbaik akan saya curahkan, semoga pada MTQ Provinsi 2018 saya kembali mampu merohkan prestasi yang membanggakan," ucap Muhammad Hasanudin.

Hasanuddin akan turun pada cabang kaligrafi seperti saat mengikuti MTQ nasional 2018 di Medan, beberapa pekan lalu. Pada MTQ nasional itu, ia bahkan menjadi juara pertama hiasan mushaf. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved