Berita Balangan

Aruh Pemuda Sanggam Ajang Kreasi Komunitas di Balangan Kembali Digelar

Sebagai bentuk memeriahkan sumpah pemuda tahun 2018, APS 2 akan dilaksanakan selama 3 hari 3 malam

Aruh Pemuda Sanggam Ajang Kreasi Komunitas di Balangan Kembali Digelar
Istimewa
Aruh Pemuda Sanggam (APS) 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Setelah sukses dengan Aruh Pemuda Sanggam (APS) 1 di 2017 lalu, kini di 2018 kembali kolaborasi KNPI Balangan, Pemkab Balangan dengan di support PT Adaro Indonesia menyelenggarakan APS 2 ke 2 dengan lebih meriah lagi.

Sebagai bentuk memeriahkan sumpah pemuda tahun 2018, APS 2 akan dilaksanakan selama 3 hari 3 malam dari tanggal 26 sampai dengan 28 Oktober 2018 di Tugu Maritam komplek Perkantoran Pemkab Balangan.

Nasdianur Irawan selaku Koordinator Divisi Acara, Kamis (18/10/2019) kepada banjarmasinpost.co.id mengatakan, untuk APS 2 ini banyak kegiatan yang akan dilaksanakan, mulai dari hiburan, pameran komunitas, sanggar dan sekolah, pentas seni budaya, training pengembangan diri, dan bakti sosial.

Baca: Jadwal Tahapan Selanjutnya Pendaftaran CPNS 2018 via Sscn.bkn.go.id, Ada Sejumlah Tes

Lebih lanjut dalam kolaborasi pemuda Balangan untuk warga banua ini, dimulai dari pembukaan sudah menampilkan berbagai potensi dan bakat pemuda dan warga Balangan, seperti akan ada penampilan teatrikal persatuan pemuda, tarian senyum nusantara dan pembacaan ikrar sumpah pemuda.

Baca: HPS 2018 Dihadiri Diplomat 22 Negara, Kapenrem: Presiden Jokowi Tidak Jadi Datang

"Dalam rangkaian acara pembukaan ini direncanakan akan mengundang DPD KNPI Sekalimantan Selatan. Dan diakhir pembukaan akan ada pemotongan pita oleh Bupati Balangan sebagai simbol pembukaan pameran komunitas, sanggar dan pelajar yang tahun ini akan melibatkan 49 stand yang sudah bergabung dan akan menampilkan berbagai kreatifitas masing-masing sebagai eksistensi dan edukasi," jelasnya.

Kemudian sembari pameran terus berlangsung, setiap malam panggung utama yang sangat besar dan megah dengan berbagai sarana penunjang panggung dan penampilan dari Jayanata ini akan terus diisi dengan hiburan baik lokal bahkan nasional.

Baca: Live Streaming RCTI Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan Piala Asia U-19 2018 Sore Ini

Dimulai dari Jumat malam, 26 Oktober 2018 panggung utama akan dibuka dengan penampilan tari dari sanggar wadian tambai Halong, dilanjutkan dengan penampilan Thales band dan ditutup dengan penampilan Embun Band yang digawangi oleh Utuh G dan kawan-kawan yang siap membawakan lagu-lagu baru dan khas untuk menghibur warga banua.

Di malam kedua, Sabtu malam 27 Oktober 2018 panggung utama tidak kalah serunya, dibuka dengan penampilan D'zoals band yang merupakan band dengan digawangi anak-anak dan pemuda Balangan dengan vokalis dan drummernya dari kaum hawa.

"Dilanjutkan dengan penyuluhan narkoba oleh BNN Balangan, penampilan kariwaya family band dan ditutup dengan South District Borneo Reggae, band asal Banjarmasin yang siap menggetarkan panggung utama," ungkapnya.

Baca: Salah Satu Keistimewaan Bawang Dayak, Belum Dipanen Sudah Banyak yang Pesan

Sedangkan di malam puncak, Minggu 28 Oktober 2018 setelah acara penutupan panggung utama akan diisi Ghea Monderella, Yuni Azahra dan Vita KDI 5.

Nurdian Wahyudi, Ketua DPD KNPI Balangan menambahkan, kegiatan tahun ini selain berbagai hiburan dan mengenalkan berbagai komunitas, sanggar, dan sekolah, di tahun ini juga melaksanakan berbagai kegiatan yang sifatnya membangun potensi pemuda dan bakti sosial.

"Tahun ini kami melaksanakan training motivasi untuk membangun semangat muda, semangat pemimpin sejati dengan mendatangkan trainer yang sudah pakar dibidangnya dan akan melibatkan seluruh ketua OSIS SMA, SMK dan MA Sederajat sekabupaten Balangan, perwakilan mahasiswa Balangan, Banjarbaru dan Banjarmasin sebagai peserta dan juga akan dilibatkan dalam kegiatan kunjungan tambang PT Adaro Indonesia," ujarnya.

Selain itu, akan ada pementasan seni budaya dari sekolah-sekolah di Balangan, senam bersama dan jalan sehat dengan berbagai hadiah menarik, ikrar pemilu damai, Bazar, pemberian penghargaan untuk pemuda berprestasi, dan bagi masyarakat Balangan kami akan melaksanakan donor darah, cek kesehatan gratis dan sunatan massal yang akan dilaksanakan selama 2 hari.

"Ayo dukung dan ramaikan kegiatan APS 2 dari pemuda Balangan untuk warga Banua," pungkas Nurdian.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved