Bertakwa

Bupati HSU Resmikan Gerakan Melindungi Hak Pemilih

Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) diresmikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) oleh Bupati H Abdul Wahid HK.

Bupati HSU Resmikan Gerakan Melindungi Hak Pemilih
istimewa/ Humas Pemkab HSU
Suasana Peresmian Gerakan Melindungi Hak Pilih yang diresmikan Bupati HSU H Abdul Wahid HK 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Gaung pelaksanaan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) merupakan gerakan nasional yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia oleh KPU RI, dan saat ini telah diresmikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) oleh Bupati H Abdul Wahid HK.

Acara dihadiri perwakilan dari Forkopimda, Bawaslu, perwakilan parpol peserta pemilu, PPK, PPS,serta dari jajaran KPU HSU.

Dalam sambutannya Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah merupakan gerakan nasional yang dilaksanakan oleh KPU serentak diseluruh Indonesia, tepat pada 17 oktober 2018 secara nasional.

Kegiatan gerakan nasional ini sudah dimulai pada 1 hingga 28 oktober 2018 . Adapun tujuan dari GMHP ini adalah agar warga bisa ikut proaktif untuk mendaftarkan diri.

Serta bisa masuk ke dalam daftar pemilih,menurut Rina warga bisa mendatangi ke posko pelayanan didesa atau kantor kepala desa, kantor kecamatan,maupun langsung datang kekantor KPU.

Pada kesempatan itu diperlihatkan cara melihat status terdaftar sebagai pemilih, dan diperlihatkan cara penyecekkannya yaitu sebagai contoh adalah Bupati HSU.

Dijelaskannya kenapa jadi memilih bupati sebagai orang yang akan dicek dalam hak pilihnya, karena bupati merupakan sebagai pejabat nomor satu dipemerintahan Dan juga sebagai panutan atau contoh bagi warga masyarakat HSU.
"maka dari itu kami melaksanakan pengecekan tentang data pemilih terdaftarnya beliau apakah sudah terdaftar dan di TPS mana beliau melakukan pencoblosan pada Plipres dan pileg 2019 nanti," ujar Rina.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK dalam sambutannya atas nama pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mengapresiasi kepada jajaran KPU HSU atas terlaksananya salah satu tahapan pemilihan umum serentak tahun 2019, yakni gerakan melindungi hak pilih.

Menurut Wahid, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan setiap Warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih serta terdaftar sebagai pemilih pada pemilu 2019 mendatang.

Sehingga hak untuk memilih anggota DPR, DPD dan DPRD serta pemilihan Presiden dan wall presiden bisa tersalurkan dengan baik, selain itu kegiatan ini merupakan bagian dari proses penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) pemilu tahun 2019.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menyukseakan pemilu 2019, dengan mengajak warga masyarakat HSU yang telah memenuhi syarat untuk memastikan apakah sudah masuk menjadi daftar pemilih dengan melakukan.

Cara yang dilakukan adalah :
1. Pengecekan NIK Di DPT kelurahan /desa (pengumuman DPT)
2. Pengecekan WWW.LINDUNGIHAKPILIHMU.KPU.GO.ID
3. Download aplikasi mobile KPU RI PEMILU 2019 Di play store. (*/aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved