Berita HSS

Kebakaran di Kandangan, 9 Rumah dan 1 Kios Ludes, 36 KK Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Musibah kebakaranterjadi di Desa Mawangi Kecamatan Padangbatung pada Selasa (16/10)/2018 sekitar pukul 20.00 Wita.

Kebakaran di Kandangan, 9 Rumah dan 1 Kios Ludes, 36 KK Warga Kehilangan Tempat Tinggal
capture Metro Banjar
Harian Metro Banjar Edisi Kamis (18/10/2018) Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Musibah yang terjadi di Desa Mawangi Kecamatan Padangbatung, Kandangan, pada Selasa (16/10)/2018 sekitar pukul 20.00 Wita itu terbilang besar. Api berkobar di 10 bangunan yang terdiri atas sembilan rumah dan sebuah kios.

Warga panik karena api dengan cepat merembet. Ada yang berusaha menyelamatkan harta benda, ada pula yang berusaha memadamkan api. Relawan pemadam kebakaran pun berdatangan.

Camat Padangbatung H Akhmad Suriani menerangkan kebakaran berada di wilayah RW 1 dan RW 2. Akibatnya 11 kepala keluarga atau 36 jiwa kehilangan tempat tinggal. "Selain sembilan rumah warga, ada satu kios yang ikut terbakar,” katanya, Rabu (17/10/2018).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) HSS dan kantor camat, delapan rumah mengalami kerusakan 100 persen. Rumah itu terdiri atas rumah Hj Sala (lima jiwa), rumah Amat (lima jiwa), rumah Syamsuri (delapan jiwa), rumah Arniah (dua jiwa), rumah M Anwar (tiga jiwa), rumah Alimah Dini (tiga jiwa), rumah Jamberi (dua jiwa), rumah Yadi (lima jiwa). Sedangkan rumah Marhani (tiga jiwa) mengalami kerusakan 15 persen.

Baca: Sscn.bkn.go.id Situs Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi Usai Pendaftaran CPNS 2018

Camat Suriani mengatakan penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. "Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian," katanya.

Kapolsek Padangbatung Iptu Imam Suryana membenarkan bahwa penyebab kebakaran masih diselidiki. Dugaan sementara karena arus pendek listrik. "Kerugian diperkirakan Rp 980 juta,” katanya.

Selain terkait penyelidikan, Imam datang ke lokasi pada Rabu siang untuk memberikan bantuan dari polsek. Dia juga menyalurkan bantuan dari Polres HSS. Bantuan antara lain berupa beras, telur, minyak goreng dan mi instan.

Sebelumnyu pada Kamis (4/10) pagi, kebakaran menghanguskan dua rumah di Desa Bariang RT 4 Kecamatan Kandangan. Rumah itu milik Tambrin (empat jiwa) dan Supiani (tiga jiwa). Kebakaran juga diduga akibat arus pendek listrik. (ryn)

Baca Lebih Lengkap di Harian Metro Banjar Edisi Kamis (18/10/2018)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved