Berita Kotabaru

Cegah Tindak Pidana di Perairan, Satpolair Tingkatkan Patroli

enjadi sasaran, selain wilayah perairan yang dianggap rawan tindak pidana. Setiap kapal berlabuh jangkar di perairan Kotabaru

Cegah Tindak Pidana di Perairan, Satpolair Tingkatkan Patroli
Istimewa
Personel Satpolair melakukan pengecekan dokumen salah satu kapal di perairan Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Satuan polisi perairan (Satpolair) Polres Kotabaru terus meningkatkan patroli. Dilakukan untuk mencegah tidak pidana terjadi di wilayah perairan Kotabaru.

Menjadi sasaran, selain wilayah perairan yang dianggap rawan tindak pidana. Setiap kapal berlabuh jangkar di perairan Kotabaru dilakukan pemeriksaan secara intensif.

Seperti dilakukan di Tingkat Global Mandiri yang menarik tongkang BG Bangau, ini personel satpolair selain memeriksa kondisi kapal.

Baca: Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2018 Kemenstneg RI di Sscn.bkn.go.id Ditunda, Ini Jadwal Baru

Namun kapal dinakhodai Gerald Lucas, berlayar dari Labanam tujuan Surabaya itu juga dilakukan pemeriksaan dokumen. Memperlancar kegiatan, personel menggunakan sarana kapal patroli KP XIII-40-1007 di perairan Kotabar, kemarin.

Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto MH Sik melalui Kasat Polair AKP Christugus Lirens mengatakan, selain melakukan pemeriksaan dokumen kapal dan barang bawaan. Upaya mengantisipasi hal tidak diinginkan.

Baca: PSIS Semarang Dituduh Sogok Wasit demi Lepas Degradasi Liga 1 2018, Bos PSIS Siapkan Langkah Ini

Personel, kata Christugus, juga memberikan penyuluhan pada anak buah kapal (ABK), mengenai keselamatan dalam pelayaran.

Mengimbau para pelaku pelayaran selalu waspada, serta selalu memperhatikan kondisi cuaca. Apalagi saat ini cuaca sering tidak menentu.

Tidak lupa personel, tambah Christugus, personel mengimbau pelaku pelayaran selalu memperhatikan alat keselamatan selama berlayar.

"Mengecek alat keselamatan apakah masih layak pakai atau berfungsi dengana baik," katanya.

Baca: Kedapatan Simpan Sabu Seberat 5,13 Gram, Sopir Ini Langsung Dibekuk Polres Tanahbumbu

Petugas juga mengimbau kepada ABK, apabila mengetahui atau melihat ada terjadi tindak pidana di perairansegera menghubungi kepada petugas satpolair.

"Kedatangan anggota satpolair polres Kotabaru mendapat respon positif dari ABK kapal tersebut, selama dalam kegiatan pemeriksaan berjalan lancar dan tertib," jelasnya.

Tujuan cipta kondisi perairan di wilatah hukum polres Kotabaru, pun tetap aman dan kondusif. Dalammemberikan rasa aman kepada penguna alur pelayaran yang melintas di perairan Kotabaru.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved