Berita Tabalong

NEWSVIDEO :Korban Kecelakaan Terjebak di Kabin Mobil Jadi Tantangan Lomba Road Accident Rescue

Semua peserta dihadapkan dengan tantangan untuk melakukan evakuasi korban kecelakaan mobil yang terjebak di dalam kabin.

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Tantangan demi tantangan dalam hal penyelamatan harus dilalui 24 tim yang menjadi peserta Indonesia Fire Rescue Challenge (IFRC) 2018 di Tanjung Tabalong.

Kali ini, semua peserta dihadapkan dengan tantangan untuk melakukan evakuasi korban kecelakaan mobil yang terjebak di dalam kabin.

Tantangan yang diberi nama Road Accident Rescue (RAR) ini dilaksanakan di halaman samping Pendopo Bersinar Tanjung, Tabalong, Selasa (23/10/2018).

RAR ini menjadi salah satu cabang lomba IFRC 2018, PT Adaro Indonesia, yang bisa disaksikan masyarakat umum secara langsung.

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id, agar seperti kejadian yang nyata, maka setiap tim yang jadi peserta disuguhi mobil penyok dengan korban yang terjebak di dalam kabin.

Baca: Live Streaming RCTI Timnas U-19 Indonesia Vs Uni Emirat Arab, Indra Sjafri Siapkan 2 Senjata

Agar terlihat mendekati kenyataan, sosok yang menjadi korban tidak menggunakan boneka, tapi diperankan seorang relawan.

Dengan jumlah peserta yang ada 24 tim, maka untuk mobil penyok yang disiapkan jumlahnya juga sebanyak 24 unit, jenisnya adalah double cabin.

Dalam tantangan ini, peserta diberi waktu paling lama 30 menit untuk bisa melakukan evakuasi korban.

Mulai kordinasi personil tim, mengamankan posisi mobil, membongkar pintu mobil yang rusak hingga akhirnya bisa membawa korban untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sementara itu, Yusran, anggota ERT Bukit Asam Tbk mengatakan, menghadapi challenge hari ketiga ini, timnya bakal berupaya maksimal. Target juara umum, memicu semangat.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Live Trans 7 MotoGP Australia 2018 : Marquez Juara Dunia Bukan Karena Motor?

Kondisi wilayah dan iklim yang hampir serupa dengan tempat bertugas, imbuh Yusran, jadi potensi besar untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Selain potensi kecelakaan serupa kerap muncul di tempat kami bertugas, latihan rutin dengan media penanganan seperti challenge hari ini, juga menguntungkan. Namun, tentu kita berharap tak ada kendala saat giliran kami bermain," kata Yusran. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved