Berita HST

PKL Pasrah, Tim Penertiban Bongkar Sejumlah Lapak, Ditargetkan 30 Oktober Jalan Pasar Hanyar Bersih

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini menempati lokasi penampungan sementara di Jalan Pasar Hanyar Barabai pasrah

PKL Pasrah, Tim Penertiban Bongkar Sejumlah Lapak, Ditargetkan 30 Oktober Jalan Pasar Hanyar Bersih
Banjarmasinpost.co.id/Hanani
Suasana Pembongkaran Lapak para PKL Sayur dan buah di lokasi penampungan Jalan Pasar Hanya Barabai, Rabu (23/10/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini menempati lokasi penampungan sementara di Jalan Pasar Hanyar Barabai pasrah. Tim penertiban pasar terdiri Satpol PP, anggota TNI, Polri dan Dinas LH dan Perhubungan akhirnya merobohkan tenda tempat mereka membuka lapak di atas jalan tersebut, Rabu (24/10/2018).

Mereka adalah pedagang sayur dan buah yang berjualan di dekat pintu gerbang pertama, serta pedagang di dekat tugu depan Bank Panin.  Meski awalnya protes dengan alasan tak ada pemberitahuan sebelumnya, namun mereka akhirnya harus rela tenda-tenda tersebut dibongkar. Pantauan BPost, siang tadi, titik lokasi yang dibongkar baru sebagian, karena di penampungan sementara  itu ada ratusan PKL. Salah satu perempuan pedagang buah di dekat tugu, mengaku galau.

"Saya bingung nantinya berjualan dimana setelah tenda dirobohkan, karena saya tak masuk dalam data pedagang yang menempati lokasi baru,”katanya. Sedangkan Rosdiana, pedagang warung nasi, mengaku pasrah ketika barang dagangannya ditertibkan petugas tim gabungan. Perempuan yang mengaku sudah puluhan tahun berjualan tersebut, bisa mendapat tempat berjualan kembali. “Bila ada rezeki, saya berjualan buka warung lagim”katanya.

Baca: Hasil Timnas U-19 Indonesia vs UEA Piala Asia U-19 2018 : Skor Babak Pertama 1-0, Gol Witan Sulaeman

Tim Gabungan Pemindahan Pedagang ke Pasar Agrobisnis Modern hari ini menargetkan membersihkan lapak mulai pintu gerbang pertama hingga bundaran air mancur. Total waktu yang dialokasikan, selama dua hari, 24 sampai 25 Oktober.

“Sampai 30 Oktober lokasi jalan ini sudah bersih, dan semua pedagang masuk ke Pasar Agrobisnis Moedern,”kata Kepala Dinas Perdagangan M Yuserani kepada Banjarmasinpost.co.id. Diakui Yuserani, berbagai kendala ditemui saat hari pertama pemindahan. Namun, melalui pendekatan tim yang memberikan pengertian kepada mereka, akhirnya pembongkaran dilakukan tanpa perlawanan.

“Mereka akhirnya bersedia tendanya  dibongkar, dibantu petugas kita di lapangan,”kata Yuserani. Diakui, untuk kapasitas  pasar Agrobisnis, daya tampungnya sekitar 500 pedagang. Sedangkan pedagang yang terdata ada 400 lebih. Baik dari sisi tempat maupun fasilitas pendukung, seperti air dan listrik, pasar Agrobisnis yang dibangun dengan dana APBD 2017 Rp 38 miliar lebih tersebut sudah siap ditempati.

Baca: Rusdiansyah Resmi Jabat Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Martapura

Penertiban pedagang buah dan sayur serta warung –warung makanan dilaksanakan sejak pukul 09.00 wita. Plt Bupati HST HA Chairansyah menergetkan dua hari penertiban yang diberikan cukup untuk menyelesaikan tugas tersebut. Chairansyah mengingatkan, agar tidak ada kepentingan apapun saat proses pemindahan oleh tim.

"Sebab, jika ada kepentingan pribadi bermain dalam proses penertiban dan pemindahan  pedagang, akan mengancam keberhasilan misi pemerintah daerah. Saya harap kita lakukan secara fair, adil dan tegas sesuai ketentuan yang telah disepakati,”katanya. Diakui pemindahan pedagang yang sudah dua tahun menempati lokasi sementara di jalan Pasar Hanyar tersebut, tak mudah.

“Ini tugas cukup berat, saya akan “angkat topi” jika tim bekerja tepat waktu. Kami sampaikan terimaksih kepada semua pihak yang terlibat penertiban,”kata Chairansyah. Warning agar tak ada yang mencoba bermain dalam pemindahan pedagang tersebut juga disampaikan Sekretaris daerah, HM Tamzil. “Bila ada yang berani, tentu ada sanksinya,”katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved