Bumi Antaluddin

Wujudkan Kampung Hijau dan Bersih di Kabupaten HSS dengan Program Kampung Iklim

Wujudkan Kampung Hijau dan Bersih di Kabupaten HSS dengan program kampung iklim

Wujudkan Kampung Hijau dan Bersih di Kabupaten HSS dengan Program Kampung Iklim
Kominfo HSS
Bupati HSS dan Kadispera KPLH HSS 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry membuka secara langsung kegiatan sosialisasi Program Kampung Iklim di Gedung Kesenian, Kamis (25/10).

Kegiatan sosialisasi ini mengusung tema mewujudkan Kabupaten HSS hijau dan barasih melalui kampung hijau wan barasih menuju program kampung iklim (Proklim).

Pada kegiatan ini juga dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS HM K Saputra, para kepada OPD, camat, dan para komunitas serta penggiat lingkungan di HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan pihaknya berharap dengan dilaksanakannya sosialisasi ini dapat menambah wawasan kita untuk terus berupaya menciptakan lingkungan yang nyaman, bersih dan hijau.

"Dalam RPJMD kita untuk lima tahun ke depan juga ada program "Hijau Desa Ku". Hal ini juga akan bersinergi dengan program Kampung Iklim sehingga target kita untuk menjadikan semua desa di HSS menjadi hijau bisa tercapai," katanya.

Bupati HSS hadiri sosialisasi kampung iklim
Bupati HSS hadiri sosialisasi kampung iklim (Kominfo HSS)

Untuk merealisasikan hal tersebut, penanaman pohon akan segera dilaksanakan. Penanaman pohon nanti akan kita prioritaskan di daerah Daha terlebih dahulu.

"Jenis pohon yang ditanam untuk di daerah Daha adalah jenis pohon yang ada nilai ekonomisnya seperti pohon mangga dan untuk daerah dalam kota akan ditanam pohon-pohon peneduh" lanjutnya.

Bupati berharap, lingkungan-lingkungan yang selama ini sudah bagus yang sudah dideklarasikan sebagai kampung bersih itu akan terus kita pertahankan dan akan ditambah lagi.

"Kalau tempat tinggal kita itu nyaman, teduh, indah, asri maka yang menikmati bukan hanya kita, namun juga orang lain," ujarnya lagi.

Pihaknya juga berpesan agar di halaman rumah kita ditanami bunga atau pohon, mari lakukan dari hal hal yang kecil ini untuk mencapai tujuan sebagai kampung iklim hijau wan barasih.

Sosialisasi kampung iklim
Sosialisasi kampung iklim (Kominfo HSS)

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS HM K Saputra menyampaikan bahwa ada empat desa hasil dari penilaian dari kampung hijau wan barasih tahun lalu yakni desa Taniran Selatan, Tabihi, jambu hilir RT 11, Kandangan kota (lorong Bupati).

"Empat desa akan dimasukkan ke kampung iklim dan harapannya ini diterima secara nasional," katanya (AOL/*).

Penulis: Aprianto
Editor: Restudia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved