Kriminalitas Hulu Sungai Utara

Cuma Masalah Sepele, Muksin Nekat Tebas Tangan Korban, Begini Kronologinya

Luka ini akibat tebasan parang yang dilakukan oleh Muksin (36) waega Desa Teluk Masjid Rt 01 No 21 Kecamatan Danau Panggang.

Cuma Masalah Sepele, Muksin Nekat Tebas Tangan Korban, Begini Kronologinya
Istimewa
Muksin (36) waega Desa Teluk Masjid dan barang bukti parang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Zainuddin (63) warga Desa Darussalam Rt 05 Rw 02 Kecamatan Danau Panggang Kaabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terpaksa harus dibawa ke Puskesmas Danau Panggang akibat luka di tangan kanan yang cukup parah.

Luka ini akibat tebasan parang yang dilakukan oleh Muksin (36) waega Desa Teluk Masjid Rt 01 No 21 Kecamatan Danau Panggang.

Menurut Wakapolsek Danau Panggang Ipda Hari Setiawan kejadian ini bermula saat Muksin dan dan Zainuddin bertegur sapa di pinggir jalan tepatnya di depan rumah No.20 Desa Teluk Masjid Rt.01, Jumat (26/10/2018).

Baca: SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming TV One - Live Streaming Madura FC Vs Persiraja Liga 2 2018

Korban yaitu Zainuddin menyapa Muksin, namun dalam tegur sapa tersebut ada kata kata korban yang menyinggung hati Muksin mengenai status pribadinha. Sebab saat ini Muksin tengah hidup sendiri setelah berpisah dengan istri, Muksin juga termasuk warga kurang mampu.

Baca: Dewi Perssik Somasi Keponakannya Libatkan Lucinta Luna, Hotman Paris Pastikan Bukan KW

Menurut kesakskan Muksin, sindiran dan ejekan kepada dirinya sudah sering didapatkan bukan hanya dari Zainuddin namun juga dari para tetangga dan warga sekitar. Saat itu Muksin tengah membawa parang yang kemudian langsung diambil dan ditebaskannya ke arah korban.

Tebasan pertama tidak mengenai korban dan parang yang dibawa sempat terjatuh, namun parangbtersebut kembali diambil Muksin dan kembali menebaskan ke arah korban yang kemudian mengenai telapak tangan kanan korban.

Baca: Maia Estianty Dikabarkan Akan Menikah Lagi, Lihat Kesibukan di Rumah Maia

"Karena korban menangkis tebasan parang dari terlapor menggunakan tangan kanan sehingga telapak tangannya terluka cukup parah dan mengeluarkan banyak darah, korban langsung dilarikan oleb warga ke Puskesmas Danau Panggang," ungkapnya.

Beruntung saat itu ada beberapa warga yang melihat kejadian tersebut dan langsung melerai dan mengamankan Muksin dan segera melapor ke Mapolsek Danau Panggang. Zainuddin langsung diamankan ke Mapolsek Danau Panggamg untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Unit Reskrim Polsek Danau Panggang saat ini masih mengembangkan Tindak Pidana Penganiayaan dan Membawa, menyimpan dan memiliki senjata tajam tanpa ijin tersebut. Dimana diatur dalam 351 KUHP dan Pasal 2 ayat (1) UU Darurat No.12 Tahun 1951.

Anggota Unit Reskrim Polsek Danau Panggang mendapatkan laporan ini dari M Husni (40) warga Desa Darussalam yang kemudkan meminta keterangan beberapa orang saksi yang melihat kejadian tersebut. Empat orang saksi yang telah dimintai keterangan adalah Darsani, Abdul Basit, Ahmad Supian dan Rahmatillah yang semuanya adalah warga Desa Teluk Masjid.

"Kami juga mengamankan barang bukti berupa satu bilah senjata tajam jenis parang dengan gagang terbuat dari tali karet dengan panjang keseluruhan 50 cm," ujar Ipda Heri.

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan tak lama setwlah kejadian karwna sebelumnya telah diamankan warga tak jauh dari lokasi kejadian. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved