Mereka Bicara

Limbah Pabrik Penggilingan Padi Ganggu Lingkungan di HSS

Mohon diperiksa dan ditinjau pabrik di Desa Karang Jawa muka, RT.03, RK.02. Karena debunya sampai ke perumahan kami di perumnas.

Limbah Pabrik Penggilingan Padi Ganggu Lingkungan di HSS
net/pojok bisnis
Pabrik penggilingan padi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, HULU SUNGAI SELATAN - Kepada Yth. Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Perijinan dan Kabupaten HSS. Mohon diperiksa dan ditinjau pabrik yang ada di Desa Karang Jawa muka, RT.03, RK.02. Karena debunya sampai ke perumahan kami di perumnas.

Yang kami kuatirkan bisa jadi penyakit, karena debunya, rumah kami di belakangnya, kami lihat pembuangan limbahnya, sampai ke tanah orang, apalagi shalat magrib masih jalan. Tolong, kami beri solusinya.

Kalau bisa tutup saja, yang punya pabrik tidak tinggal di desa ini, jadi kami kena limbahnya, yang punya pabrik kena untungnya, pian tanya saja sama rumah di seberang pabrik tersebut. Terima kasih atas perhatian dan bantuannya. 085822854936

TANGGAPAN:
TERIMA kasih, kami ucapkan kepada masyarakat yang telah menginformasikan adanya dampak lingkungan akibat beroperasinya pabrik penggilingan padi di Desa Karang Jawa RT 03 RK 02 Kec. Pandang Batung.

Perlu kami sampaikan bahwa Petugas Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) bersama unsur Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kab. HSS telah melaksanakan peninjauan lapangan yang hasilnya sebagai berikut :

1. Pabrik tersebut sudah beroperasi sejak lama sebelum adanya Perumnas Bumi Gerilya Asri dan memiliki izin lingkungan/Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan (SPPL).

2. Lokasi Pabrik dan Perumnas berjarak sekitar 100 meter.

3. Hasil konfirmasi dengan warga Perumnas bahwa tidak ada keluhan terhadap debu pabrik tersebut.

4. Pengelola Pabrik bersedia untuk mengurangi limbah sekam dengan memindahkannya ke tempat lain.

5. Pengelola Pabrik bersedia membuat pagar/dinding untuk mengurangi potensi debu dan agar limbah sekam tidak meluber ke tanah orang lain.

6. Pengelola Pabrik berjanji tidak akan mengoperasikan pabriknya lewat pukul 18.00 Wita.

Demikian kami sampaikan untuk menjadi maklum.

HMK SAPUTRA, SH, MIP
HMK SAPUTRA, SH, MIP (ist)

HMK SAPUTRA, SH, MIP
Kepala Dispera KPLH Kab. HSS

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved