Berita Kabupaten Banjar

Guru Khalil Gencar Serukan Vaksiansi MR, BegIni Respons Warga

Hingga kini sebagian masyarakat masih enggan, namun secara umum masyarakat di Kabupaten Banjar merespons positif seruan pemimpinnya itu

Guru Khalil Gencar Serukan Vaksiansi MR, BegIni Respons Warga
Banjarmasinpost.co.id/idda royani
Anak-anak di Desa Bunglai, Kecamatan Aranio, menjalani vaksinasi MR disaksikan Bupati H Khalillurrahman, pekan lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bupati Banjar H Khalillurrahman selama ini gencar menyosialisasikan dan mengimbau warganya untuk menyukseskan program vaksinasi MR (measles, rubella).

Meski hingga kini sebagian masyarakat masih enggan, namun secara umum masyarakat di Kabupaten Banjar merespons positif seruan pemimpinnya itu.

"Sebagai warga yang baik tentu harus mengikuti program pemimpinnya. Apalagi seruan vaksinasi MR itu kan bagu, demi anak-anak kita juga. Jadi, kalau saya sangat mendukung," ucap Rahmatullah, warga Martapura, Minggu (28/10/2018).

Ia mengatakan awalnya juga sempat enggan menyusul mengristalnya kontroversi halal haram vaksin MR. Namun setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan bahwa vaksin tersebut diperbolehkan untuk melindundi anak-anak dari risiko penularan rubella, dirinya kemudian menyadari pentingnya upaya pencegahannya melalui vaksinasi MR.

Baca: Hasil Liga Spanyol - Menang 2-0, Atletico Madrid Geser Barcelona dari Puncak Klasemen Liga Spanyol

Baca: Siarang Langsung Trans7 MotoGP Australia 2018 - Aksi Dua Pebalap In jadi Perhatian Valentino Rossi

Guru Khalil begitu sapaan akrab Bupati Khalillurrahman memang cukup intens mengajak warganya menyukseskan vaksinasi MR. Tiap kesempatan berinteraksi dengan warga, ia selalu menyisipkan pesan sosialisasi pentingnya vaksinasi MR.

Pesan tersebut juga ia ungkapkan ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Banjar, beberapa hari lalu, di RTH Ratu Zalecha, Martapura.

"Sesuai fatwa MUI nomor 33 tahun 2018, penggunaan vaksin MR adalah mubah atau dibolehkan sebagai ikhtiar dalam mencegah anak-anak dari penyakit campak dan rubella," ucapnya, kala itu.

Karena itu, tegas Guru Khalil, masyarakatbdi Kabupaten Banjar tak perlu ragu lagi. Vaksinasi MR sangat penting guna menghindarkan anak-anak di daerah ini dari penularan penyakit berbahaya yang menyebabkan komplikasi fatal tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved