Yayasan Adaro Bangun Negeri

'Jelajahi' Antariksa di Mini Planetarium OPSA 2018

Di kabupaten Tabalong, planetarium mini pertama di Kalsek digelar selama 2 hari dan menjadi wahana edukatif dalam rangkaian OPSA.

'Jelajahi' Antariksa di Mini Planetarium OPSA 2018
HO/YABN
Keseruan dari pelajar saat mengunjungi planetarium mini dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro di auditorium Tabalong Islamic Center 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Liburan bersama keluarga menjadi agenda yang selalu dinanti-nanti setiap orang, bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta apalagi pergi ketempat seru penuh dengan permainan dan sarat akan nilai pendidikan tentu akan menjadi liburan yang menyenangkan bagi kita apalagi anak-anak.

Di kabupaten Tabalong, planetarium mini pertama di Kalimantan Selatan digelar selama 2 hari dan menjadi wahana edukatif dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro (OPSA) yang diselenggarakan di auditorium Tabalong Islamic Center pada sabtu-minggu (27-28/10/2018).

Dalam OPSA tahun ini selain kita dapat menemui pameran proyek sains yang ditampilkan oleh peserta, kali ini kita juga berkesempatan mengunjungi sejumlah wahana lain yang tersedia di area perlombaan, di antaranya area mini laboratorium, robotik dan planetarium mini.

Suasana keseruan dari pelajar saat mengunjungi planetarium mini  dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro  di auditorium Tabalong Islamic Center
Suasana keseruan dari pelajar saat mengunjungi planetarium mini dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro di auditorium Tabalong Islamic Center (HO/YABN)

Antusias pengunjung ditunjukan dari barisan antrian yang mengular di depan pintu masuk wahana. Puluhan anak-anak hingga dewasa begitu antusias menunggu giliran antri untuk menonton film pendek dunia antariksa yang diputar dalam sebuah tenda dome besar berbentuk kubah hitam ini dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai area observatori bintang.

Azrin (10) salah satu pengunjung dari SD Plus Murung Pudak nampak gelisah menunggu giliran, dirinya mengaku sudah tidak sabar untuk masuk dan melihat objek-objek luar angkasa yang akan ditampilkan.

“Sudah tidak sabar ingin masuk...,” ungkapnya

Para pelajar saat mengunjungi planetarium mini  dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro  di auditorium Tabalong Islamic Center
Para pelajar saat mengunjungi planetarium mini dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro di auditorium Tabalong Islamic Center (HO/YABN)

Zaky Zakaria, penanggung jawab wahana planetarium mini dari Ilmuwan Muda Indonesia, menjelaskan, film yang ditayangkan salah satunya adalah proses terbentuknya bintang di luar angkasa dan manusia terakhir yang mendarat di bulan yang dapat membawa pengunjung menjelajah antariksa dan mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi dan masa hidup sebuah bintang.

“Senang sekali melihat antusias masyarakat disini, banyak sekali anak yang begitu penasaran ingin melihat film yang diputar, materi yang diberikan juga lebih ringan sehingga anak-anak yang berkunjung dapat memahami kisah lebih mudah,” jelas Zaky.

Selain berkesempatan mengujungi planetarium mini, pengunjung juga dipersilakan membuat eksperimen sederhana di area mini laboratorium.

Suasana keseruan pelajar saat mengunjungi planetarium mini  dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro di auditorium Tabalong Islamic Center
Suasana keseruan pelajar saat mengunjungi planetarium mini dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro di auditorium Tabalong Islamic Center (HO/YABN)

Dengan memanfaatkan bahan dan alat sederhana, peserta mendapat kesempatan membuat es krim palsu yang merupakan campuran soda kue, tepung dan sabun. Reaksi kimia dalam masing-masing bahan menyebabkan mengembang dan menyerupai segelas es krim.

Di area robotik, peserta akan berkesempatan mengetahui sistem pengendalian robot pemadam api yang dapat beroperasi secara otomatis mematikan titik api dengan mengandalkan sensor panas yang dimiliki. Robot menari dan sepak bola semakin melengkapi area robotic dalam pagelaran OPSA tahun ini.

Weny Dewiyanti, salah seorang orang tua pengunjung mengaku gembira dapat mengajak keluarga berkunjung ketempat tersebut, baginya seluruh wahana dan pameran yang ditampilkan sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran sehingga semakin memperkaya pengetahuan dan daya tarik anak terhadap sains.

Pelajar saat mengunjungi planetarium mini  dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro di auditorium Tabalong Islamic Center
Pelajar saat mengunjungi planetarium mini dalam rangkaian kegiatan Olimpiade Proyek Sains Adaro di auditorium Tabalong Islamic Center (HO/YABN)

Ardianoor, Ketua pelaksana OPSA 2018 mengungkapkan, pelaksanaan Olimpiade Proyek Sains Adaro tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Selain melaksanakan perlombaan bidang sains bagi pelajar tingkat SD dan SMP se-Kalimantan

"Kami menambahkan wahana baru yang dapat mengedukasi pengunjung dalam memahami dunia sains yang begitu luas dan menyenangkan,"tutupnya.(*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved