Berita Balangan

Pengadilan Negeri Kini Sudah Hadir di Paringin, ini Lokasinya

Alhamdulillah, Pengadilan Negeri (PN) kini sudah hadir di Paringin, Kabupaten Balangan.

Pengadilan Negeri Kini Sudah Hadir di Paringin, ini Lokasinya
banjarmasinpost.co.id/elhami
Panitera PN Paringin, Supriyo 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Alhamdulillah, Pengadilan Negeri (PN) kini sudah hadir di Paringin, Kabupaten Balangan.

Saat ini lokasi PN Paringin untuk sementara waktu menempati gedung tepatnya di belakang Kantor Dinas Perhubungan yang beralamat di jalan A Yani km 5 Kecamatan Paringin Selatan.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (29/10/2018) Panetra PN Paringin, Supriyo menyampaikan, bahwa peresmian kantor PN Paringin sudah dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2018.

Menurutnya, dengan hadirnya PN Paringin segala urusan perkara sidang tidak akan lagi dilakukan di Pengadilan Negeri Amuntai, Kabupaten HSU, tetapi sudah bisa dilakukan di Paringin.

Baca: Video dan Foto Pesawat Lion Air JT-610 yang Jatuh di Perairan Karawang Dari Sutopo Purwo Nugroho

Baca: Al Ghazali Doakan Kebahagiaan Maia Estianty yang Dikabarkan Menikah dengan Irwan Mussry

Baca: Nikita Mirzani Akui Foto USG Kehamilannya Nyomot di Internet, Tapi Bukan Settingan

"Bagi masyarakat Balangan tidak perlu lagi ke PN Amuntai, untuk perkara perdata, perkara perdata gugatan sederhana, perkara perdata permohonan, perkara pidana, perkara pidana tipiring, dan perkara tindak pidana lalu lintas, semuanya sudah bisa di adili di Paringin," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, untuk kantor yang dipinjami oleh Pemkab Balangan ini hanya sementara waktu, dimana saat ini sedang dilakukan proses pembangunan kantor yang permanen yang berloksi di jalan A Yani KM 4 samping kantor Diskominfo.

"Bagi masyarakat yang ingin bertanya lebih lanjut bisa langsung mendatangi bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di PN Paringin," ujarnya.

Sementara itu Bupati Ansharuddin pernah mengungkapkan mengapa dulu pemerintah terdahulu belum membangun fasilitas ketiga tersebut? Dikarenakan pemerintah dulu masih fokus membangun fasilitas infrastruktur yang mendukung berjalannya pemerintahan.

"Seperti fasilitas kantor dan sebagainya," ujarnya.

Namun menurutnya, saat ini ada tiga fasilitas yang sudah mulai diupayakan dibangun di Kabupaten Balangan yaitu PN Paringin, Lapas dan Kodim.

Masih dilanjutkannya, yang pertama fasilitas PN di 2018 ini sudah berlangsung dibangun, saat ini lokasinya sudah disiapkan yaitu didekat Kantor Kominfo.

Bahkan secara kelembagaan saat ini seperti para hakim dan lainnya sudah disiapkan, untuk sementara waktu Pemkab Balangan telah menyediakan kantor sementara untuk melakukan sidang.

Kemudian untuk pembangunan Lapas Bupati Ansharuddin sudah mencari dan menyiapkan lahan seluas 6 hektar yang berlokasi dekat Kantor BLK, namun untuk pembangunannya diupayakan di tahun 2019 nanti.

Sementara itu kantor Kodim pihak pemerintah daerah ternyata juga sudah menyiapkan lahan seluas 3 hektar di Paringin Selatan.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved