Yayasan Adaro Bangun Negeri

Bupati Balangan Puji Kelompok Tani Sungai Kihung Lestari di Kebun Karet Unggul Binaan YABN

Bupati Balangan Puji Kelompok Petani Sungai Kihung Lestari di Panen Perdana Kebun Karet Unggul Binaan YABN

Bupati Balangan Puji Kelompok Tani Sungai Kihung Lestari di Kebun Karet Unggul Binaan YABN
Istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Di balik teduhnya deretan pohon-pohon karet, pisau sadap mulai diayunkan dengan sedikit membungkukan badan menghasilkan guratan-guratan yang melukai pohon dan tetesan getah karet pun mulai turun mengalir ke cawan penampungan.

Itulah yang dilakukan Bupati Kabupaten Balangan pada acara Panen Perdana Kebun Karet Unggul Binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN).

Panen perdana kebun karet hamparan desa Kalahiang, kabupaten Balangan digelar pada Senin (29/10/2018) dan menjadi pembuka sebelum semua kebun milik petani lain akan di panen secara serentak.

Direktur YABN, Okty Damayanti  mempraktikan panen perdana karet didampingi Bupati Balangan
Direktur YABN, Okty Damayanti mempraktikan panen perdana karet didampingi Bupati Balangan (Istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri)

Selain sebagai tanda bahwa kebun karet sudah siap panen, kegiatan ini sebagai wujud apresiasi YABN kepada kelompok tani atas keberhasilannya melakukan budidaya karet unggul.

Bupati Balangan, H Ansharuddin mengapresiasi kepada kelompok karena mampu mengembangkan program secara mandiri.

"Saya melihat saat ini petani sudah mampu mandiri dalam hal melakukan budidaya karet, beberapa kali saya juga diundang untuk melakukan panen karet, pohonya memiliki lingkar batang yang besar karena usianya 7 tahun. Namun pada panen kali ini saya melihat dengan lilit batang yang sama tapi umur karetnya baru 5 tahun, hal ini tentu sangat luar biasa," terangnya dihadapan para petani karet.

Bupati Balangan
Bupati Balangan (Istimewa/ Yayasan Adaro Bangun Negeri)

Direktur YABN, Okty Damayanti menjelaskan, program pendampingan kebun karet yang dilakukan oleh YABN dijalankan sejak tahun 2013 dengan tujuan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan langkah memproduksi bahan olahan karet berkualitas sehingga harga jual karet dapat lebih tinggi.

Sebagai perusahaan tambang, Adaro memiliki misi membangun kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan meningkatkan kualitas karet yang dihasilkan petani.

"Kami juga memiliki harapan agar suatu saat nanti kelompok petani karet yang ada di Balangan semakin besar dengan jumlah petani yang bergabung lebih banyak lagi, dengan demikian mimpi menyiapkan masyarakat yang mandiri pasca tambang semoga dapat terwujud,"ungkap Okty.

Dalam rangkaian kegiatan dilakukan pula penandatanganan komitmen bersama antara kelompok tani, dinas pertanian kabupaten Balangan, YABN, Bupati Balangan dan PT Darma Kalimantan Jaya sebagai komitmen untuk menjaga dan memproduksi olahan karet berkualitas.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved