Berita Tanahbumbu

27 Kios di Satui Ludes Terbakar, Segini Perkiraan Kerugian Pedagang

Api membuat geger warga Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu pada Rabu (31/10/18) malam sekitar pukuk 19.15 wita.

27 Kios di Satui Ludes Terbakar, Segini Perkiraan Kerugian Pedagang
istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Api membuat geger warga Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu pada Rabu (31/10/18) malam sekitar pukuk 19.15 wita.

Kebakaran itu terjadi di Pasar Sudan Raya Kecamatan Satui Kabupaten Tanahbumbu. Api sangat cepat membesar dan memghanguskan sejumlah bangunan atau kios yang ada di pasar dan terminal.

Pasalnya, pedagang tak bisa berdagang dilokasi karena kondisinya yang hangus dilalap api. Meski api sempat dikuasi, namun beberapa bangunan sudah dihabiskan si jago merah.

Menurut Kapolsek Satui AKP Apri, Kamis (1/11/18) mengatakan kebakaran yang terjadi Di Pasar Bamegapura / Terminal Satui / Pasar Sudan Raya Di Jalan Provinsi RT.06 Km165 Desa Sungai Danau Kecamatan Satui diketahui dugaan api berasal dari kios Boneka Dan Conter Handphone Milik sdri H HALIDAH yang ditinggalkan kosong oleh Pemiliknya.

Baca: Cek Hasil Seleksi Awal CPNS 2018 Kemenristekdikti, Cek Kartu Peserta di sscn.bkn.go.id

Baca: Ternyata Ijab Kabul Pernikahan Maia Estianty dan Irwan Mussry Sempat Diulang, Ayah Maia Menangis

"Setelah kami konfirmasi, pemilik toko tidak ada ditempat (berada diluar kota), di duga penyabab kebakaran karena konsleting listrik yang rerjadi di toko Halida dan apinya menjalar karena terbuat daribkayu," katanya.

Menurut Keterangan Kepala UPT Pasar Satui Fauziansyah kepada pihak kepolisian, dari kejadian tersebut jumlah kerugian sekitar ratusan juta rupiah dan kiosbyang terbakar di area pasar sebanyak 11 unit.

Sementara itu, menurut Kepada Bidang Pemdam Kebakaran Tanbu, Muhyar Rasyid mengatakan untuk total keseluruhan bangunan yang terbakar ada sebanyak 27 unit kios. Itu berada di dua lokasi yaitu di pasar dan sebelahnya kios wilayah terminal Satui.

Baca: Jubir Baru Prabowo-Sandiaga Uno Disebut dari Keluarga Pendiri NU, Dahnil Anzar : Tokoh Nasional

Baca: Mobil Tabrak Pesawat Qatar Airways QR 540, Begini Nasib 101 Penumpangnya

"Ada yang mengakami rusak total dan ada yang rusak ringan. Informasi penyebabnya dikarenakan korsleting," katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Stabilisasi dan Sarana Distribusi Perdagangan pada Disperindag Tanbu, Herry S, yang menangani pasar mengatakan saat ini diwilayah pasarnya ada 11 kios.

"Untuk sementara masih belum tahu kedepannha. Saat ini akan kami rapatkan dulu. Sementara untuk lokasi kami akan carikan solusinya," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved