Berita Banjarmasin

Jawaban Kadishub Banjarmasin Terkait Tarif Parkir Mobil di Duta Mal Naik

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Nur Chalik menyikapi naiknya tarif parkir di Duta Mall yang pengumumannya menyebar di medsos

Jawaban Kadishub Banjarmasin Terkait Tarif Parkir Mobil di Duta Mal Naik
istimewa/ screenshot instagram

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Nur Chalik menyikapi naiknya tarif parkir di Duta Mall yang pengumumannya telah menyebar melalui media sosial.

Kepada Bpost online, Kamis (1/11/2018), ia menyampaikan kalau masyarakat harus bisa membedakan yang mana retribusi dan pajak parkir. Khusus Duta Mall, Ichwan menerangkan pusat perbelanjaan modern itu dikenakan pajak parkir bukan retribusi yang biaya parkir diterapkan oleh peraturan pemerintah.

Pajak parkir ujarnya ialah biaya yang diserahkan pengelola parkir atau perusahaan ke pemerintah, sementara harga parkirnya tergantung dari si pengelola tempat tersebut.

Baca: Update Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS 2018 Kemendikbud di 14 Provinsi di Indonesia

Baca: Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD Pendaftaran Kementerian Agama (Kemenag) CPNS 2018, sscn.bkn.go.id

Sebagaimana Duta Mall yang dari kertas pengumuman bertulis nama Yuliansyah, bergaris bawah Areal Manager dan ada tanda tangan tertera, menyampaikan naiknya tarif parkir Duta Mall berlaku sejak 1 November. Penguman itu diberlakukan pada tarif mobil.

Tertulis, tarif mobil pada weekday satu jam pertama Rp 4.000 ditambah Rp 3.000 pada jam berikutnya. Sementara Weekend satu jam pertama Rp 5.000 ditambah Rp 4.000 perjam berikutnya tanpa waktu maksimal.

Baca: Sebelum Foto Bersama, Robby Purba Sempat Do’akan Roy Kiyoshi Sembuh dari Sakit

Baca: Maia Estianty Unggah Momen Al, El dan Dul Menangis Terharu di Pernikahannya dengan Irwan Mussry

Ichwan mengatakan, naiknya tarif parkir juga akan meningkatkan pendapatan Pemko Banjarmasin. Hal itu karena pajak parkir diterapkan sebagaimana aturan, yakni 30 persen dari penghasilan parkir di tempat tersebut.

Secara otomatis dikatakan Ichwan apabila tarif parkir naik, maka setoran pajak parkir di DM pun akan bertambah.

"Kalau tarifnya naik, setoran uang pajaknya juga akan bertambah. Kalau tidak, maka akan kami lakukan pemeriksaan," terang Ichwan.

(banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved